Aksi Besar untuk Kristina dan Nuraliyah

 

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Ratusan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Keadilan Generasi Muda Sulbar menggelar demonstrasi di depan kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat, Senin, 2 Agustus 2021.

Aksi itu sebagai buntut polemik Paskibraka tingkat nasional asal Sulbar, yang viral seminggu belakangan ini.

Baca juga:

Dramaturgi Paskibraka Sulbar

Massa aksi yang dipimpin Sopliadi tersebut menyuarakan 5 poin tuntutan, yakni:

1. Mendesak Polri segera memeriksa dugaan kecurangan yang dilakukan Pemprov Sulbar dalam pemberangkatan calon Paskibraka Nasional. Calon bernama Kristina tersebut batal diberangkatkan dan diduga sarat KKN.

2. Mendesak Gubernur Sulbar agar bertanggung jawab atas gagalnya keberangkatan Kristina, maupun Nuraliyah sebagai cadangan.

3. Mendesak Gubernur Sulbar untuk memanggil tim medis yang melakukan tes PCR, tim gugus Covid-19, dan BPOM Mamuju untuk mempertanggungjawabkan hasil tes tersebut.

4. Mendesak pemerintah segera mencopot Kadispora Sulbar, Kabid, dan tim seleksi yang dianggap curang dalam proses penggantian anggota Paskibraka Nasional, yang diduga melanggar SK Tim Seleksi

5. Mendesak Presiden Jokowi untuk memperlakukan khusus yang difasilitasi oleh Gubernur Sulbar atas anak yang diduga mendapat diskriminasi hak.

Demonstrasi oleh aliansi pemuda itu diwarnai aksi bakar ban bekas di halaman kantor Dispora Sulbar.

Aksi aliansi pemuda di depan kantor Dispora Sulbar

Kadispora Hamzih dan Kepala Kesbangpol Sulbar, Herdin Ismail tampak menemui massa aksi.

Reporter: Harly

Editor     : Mediaekspres.id

Comment