oleh

Mundur, Habsi Ajukan Nama Pengganti Pimpin NasDem Sulbar

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Habsi Wahid mengundurkan diri dari jabatan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah  (DPW) Partai NasDem Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal ini berdasarkan surat mantan Bupati Mamuju tersebut kepada Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh.

Surat itu berisi 7 poin yang secara garis besar menyampaikan pengunduran diri dan rekomendasi nama pengganti Habsi Wahid sebagai ketua NasDem Sulbar.

“Bahwa berdasarkan pertimbangan, saya atas nama yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mundur dari jabatan Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulawesi Barat periode 2020-2024,” isi poin ke-4 surat tertanggal 21 April 2021 tersebut.

“Merekomendasi Kaka Ratih Megasari Singkarru, MSc (anggota DPR RI Dapil Sulbar) untuk menggantikan saya sebagai Ketua DPW Partai NasDem Sulbar,” lanjut poin ke-5.

Isu pengunduran diri tersebut dibenarkan Sekretaris DPW NasDem Sulbar, Jayadi.

Menurutnya, Habsi memberi ruang bagi kader lainnya untuk memimpin NasDem Sulbar. Meski tak dimungkiri, efek kekalahan pada Pilkada Mamuju lalu ikut mempengaruhi keputusan tersebut.

“Pak Habsi ingin memberi ruang bagi kader-kader yang berpotensi memimpin DPW. Harus diakui, bapak pascapilkada beliau kalah,” terang Jayadi, Minggu,27 Juni 2021.

Terkait nama Ratih yang direkomendasi sebagai pengganti, Jayadi mengatakan itu keputusan politik pribadi Habsi Wahid.

“Ini keputusan politik pribadi beliau, tidak ada intervensi. Mungkin ada masukan atau pertimbangan yang diterima sehingga nama itu (Ratih) muncul,” ujarnya.

Meski begitu, Jayadi menyebut, banyak nama kader NasDem berpotensi layak memimpin DPW NasDem Sulbar. “Ada Ratih, Enny Anggreni, dan Rahim. Mereka semua layak,” sambungnya.

Dia pun berharap, pimpinan Partai NasDem Sulbar kedepan mampu mengonsolidasikan seluruh kader dan mesin partai.

Sementara politisi NasDem, Abdul Rahim menilai, Habsi secara de facto tidak punya hak lagi mengambil kebijakan terkait Partai NasDem Sulbar.

Soal Ratih Megasari yang direkomendasi sebagai pelanjut Habsi Wahid, pimpinan DPRD Sulbar itu menganggap keputusan ada di DPP NasDem.

“Kita harus ingat, keputusan itu ada di DPP,” kata Rahim via telepon.

Senada Jayadi, Rahim juga berharap siapa pun yang ditunjuk sebagai Ketua DPW NasDem Sulbar, harus bisa mengonsolidasikan seluruh kader utamanya menghadapi momentum politik 2024.

Reporter: Harly

Editor      : Mediaekspres.id

Komentar