by

Lakip RI Apresiasi Langkah Cermat Pj Gubernur Sulbar Antisipasi Dampak Krisis

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Lembaga Pengawasan Kinerja Pemerintah Republik Indonesia (Lakip RI) mengapresiasi langkah cermat Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik dalam hal merespon dampak krisis dunia akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Langkah cermat yang dimaksud Lakip RI adalah dengan memanfaatkan lahan tidur di tiap kabupaten yang ada di lingkup Sulbar, sebagai lahan pengembangan tanaman pangan. Seperti tanaman umbi-umbian, jagung, kedelai dan sayur-sayuran.

Hal ini, kata Aldin, sudah dikordinasikan lewat OPD terkait agar segera mengiventarisasi lahan milik pemprov yang berpotensi dimanfaatkan untuk pengembangan tanaman pangan.

“Ada kurang lebih 60 hektar lahan tidur (di Sulbar) yang akan ditanami untuk mengantisipasi krisis pangan tersebut. (diantaranya) 40 hektar di Polman dan 20 hektar terbagi dibeberapa kabupaten,” jelas Aldin, Sabtu (13/08/22).

Menurut Aldin, kondisi diatas juga sebagai upaya Pj Gubernur Sulbar dalam menerjemahkan pidato Presiden Republik Indonesia, Jokowi Widodo yang disampaikan dibeberapa kesempatan, terkait kondisi dunia yang sedang mengalami situasi sulit akibat krisis Pangan, Energy dan Keuangan.

Bahkan program yang dianggap strategis tersebut, menurut Aldin, Pj Gubernur Sulbar telah diintruksikan lewat dinas terkait yang ada di tiap kabupaten, agar dapat melakukan hal yang sama.

Baca juga

LAKIP RI: Seharusnya Saiful Bahri Tidak Ikut Tersangka

“Apa yang dilakukan Pj Gubernur ini adalah langkah cepat, cermat untuk masyarakat Sulbar. Saya anggap ini langkah positif,” pungkasnya.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment