Sukseskan Program ASO, KPID Sulbar Gandeng Pemda Mamuju

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat (Sulbar) kembali membahas program Analog Switch Off (ASO) bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Mamuju, Rabu kemarin, (29/06/22).

Koordinator Bidang PS2P KPID Sulbar, Firman Getaran, menyampaikan pentingnya sosialisasi program ASO terus digalakkan. Sehingga masyarakat semakin teredukasi tentang siaran digital.

“Kami juga ingin merubah paradigma yang terbangun bahwa migrasi siaran analog ke digital ini berdampak pada semua kalangan.

Bukan hanya penerima bantuan STB saja yang berhak menikmatinya, akan tetapi seluruh elemen masyarakat secara menyeluruh, dan STB pun sudah tersedia dibeberapa toko sehingga bagi masyarakat golongan mapan tidak sulit lagi ketika ingin beralih kesiaran digital,” terangnya.

Lebih lanjut Firman Getaran, menyampaikan secara nasional wajah dunia pertelevisian akan berubah pada awal bulan November 2022 mendatang. Dimana siaran analog akan dialihkan ke siaran digital yang lebih modern dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Serta gambarnya dipastikan jauh lebih bersih karena telah mengadopsi resolusi HD. Suaranya pun semakin jernih.

Selain itu disampaikan, siaran digital lebih variatif sehingga para penonton diyakini lebih menyukai siaran digital dibanding siaran analog.

“Oleh karenanya dukungan pemerintah Kabupaten dari berbagai aspek tentunya sangat berpengaruh besar dalam mengedukasi warga utamanya pada saat sosialisasi secara langsung.

Harapan kami kedepan kolaborasi KPID dengan Pemerintah Kabupaten terkait ASO bisa lebih dikuatkan, kami optimis pengenalan siaran digital ini akan lebih masif bila turun berdampingan dengan pemerintah, sehingga cita-cita bersama membumikan siaran digital dalam upaya mewujudkan penyiaran di Kabupaten Mamuju kearah yang lebih baik dapat tercapai,” harap Firman.

Switch Off yang telah dilaksanakan di Mamuju pada tahap pertama ini.

Senada dengan itu, Komisioner Naluria Islami, menyampaikan tolak ukur keberhasilan pelaksanaan ASO di Mamuju, tentunya tidak terlepas dari atensi nyata dari Bupati Mamuju. Seperti kerjasama dalam ajakan beralih kesiaran digital pada baligho dan spanduk yang telah dipasang diberbagai tempat di wilayah Mamuju.

Baca juga

Program ASO Tahap I Dinilai Sukses di Mamuju

Kemudian itu, Bupati Mamuju, Hj. Siti Sutinah, mengaku siap berkolaborasi dengan KPID Sulbar terhadap pelaksanaan ASO di Mamuju.

“Saya siap bekerjasama dengan KPID, kita bisa turun kelapangan bersama melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar semakin tercerahkan tentang siaran digital ini, jika ada rencana melakukan sosialisasi segera sampaikan ke saya dan InsyaAllah kita jalan bersama,” ungkap Bupati.

Reporter: (*)

Editor : Mediaekspres.id

Comment