by

Pilgub Sulbar 2024 Prof. Husain Syam Kencangkan Layar Konsolidasi

 MAMUJU,MEDIAEKSPRES,id- Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M. TP., IPU nama lengkap dan gelar mentereng ini makin mengecangkan layar menghadapi Pelgub Sulbar 2024 mendatang. Meski waku terbilang masih jauh, namun Prof. Husain Syam yang memeliki singkatan nama PHS ini terus membagun citra di masyarakat Sulawesi Barat. Selaku figure pendidikan yang memiliki karir sukses di Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai Rektor Universitas Makassar (UNM). Ia juga salah satu putra asli Sulbar yang di didik dan dibesarkan oleh kedua orang tuanya di Kanang Kabupaten Polewali Mandar.

Di Salah satu warung kopi di jalan Pababari Mamuju, Rabu, 16 Maret 2022, ia menjalin selaturrahim bersama sahabatnya—beberapa figure public—di warkop itu. Suasana cair dan makin merajut keakraban setelah Prof Husain Syam mempersembahkan tembang lagu kenangan. Sementara di luar ruangan hujan turun, tentu menambah rasa kerinduan sesama sahabat yang mengibaratkan hidup terkadang akan seperti hujan isyarat cinta yang dikirim langit untuk bumi.

Esok harinya wartawan mediaekspres.id masih menjejaki keberadaan Prof  Husain, pada siang hari 17 Maret 2022. Terlihat Prof Husain masih menjalin silaturrahim dengan sahabat-sahabatnya di Sulbar. Namun kali ini, dengan tempat yang berbeda. Yaitu disalah satu warung makan di jalan martadinata Simboro, Kabupaten Mamuju.

Wartawan mediaekspres.id kemudian mewawancarainya. Ia berniat bertarung di Pilgub Sulbar sebagai tawaran solusi terhadap pelbagai persoalan di Provinsi Sulbar, kesehatan, pendidikan, UMKM, Kesenjangan social dan lain-lain. Prof. Husain dengan memakai baju putih berkerah, topi warna putih dan celana hitam itu, menjelaskan niat dirinya maju sebagai kandidat Gubernur Sulbar, untuk mengatasi masalah dan memberikan solusi termasuk potensi pengembangan SDM masyarakat Sulbar di bidang pendidikan.

“Karena dengan berbagai persoalan dan juga dorongan masyarakat saya terpanggil untuk saatnya berbuat untuk Sulbar. Konsep yang saya tawarkan nanti adalah bagaimana kita meghadirkan titik kesejahtraan untuk masyarakat Sulbar. Masyarakat juga nanti membaca dan menganalisa untuk pemimpin Sulbar kedepannya,” ujar Professor bidang Agricultural Technological Science ini, saat di wawancarai di Jalan Marta dinata Simboro, (17/03/2022)

Lanjut ia menelaskan, berangkat dari kegelisahaan mengenai keluhan-keluhan masyarakat terhadap pemimpin Sulbar saat ini, ia kemudian hadir memantapkan diri sebagai kandidat Pilgub Sulbar. Ia optimis dapat mengatasi pelbagai persoalan keluhan yang dihadapi masyarakat Sulbar. Ia memberi gambaran saat dirinaya ingin menjadi Rektor UNM.

“Karena saya tau anatominya ini UNM, saya tau di bagian yang mana sakit dan saya tau, paham pula bagaimana cara mengobati. Kira-kira Sulbar juga seperti itu gambarannya. Saya paham bahwa Sulbar ini rada-rada sakit secara anatomi. Saya tau bagian-bagian yang sakit itu dan rasanya saya bisa mengatasinya. Sehingga tercipta peningkatan kualitas SDM, Kesejahtraan,” jelas mantan aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Prof Husain juga menyinggung kesiapan Sulbar menyambut Ibu Kota Negara (IKN-Nusantara). Ia menawarkan empat konsep yang penting harus di sentuh. Antara lain menyiapkan SDM, Infrastruktur Pariwisata, agar 10 – 15 persen pejabat ibu kota Negara berwisata di Sulbar. Dan tentu secara otomatis perputran ekonomi meningkat dan pelaku UMKM juga akan sejahtra. Selain itu, juga pelestarian peningkatan tradisi dan budaya sebagai indentitas darah.

Reporter : Chandraqa

Editor : Mediaekspres.id

“Pemimpin terhebat belum tentu dia yang melakukan hal-hal terbesar. Tapi, dialah yang membuat orang melakukan hal-hal terbesar,”

Ronald Reagan

Comment