oleh

Sebuah Kado Untuk Sulbar dari Usman Suhuriah

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Sebuah kado dipersembahkan oleh Wakil Ketua DPRD Sulawesi Barat (Sulbar), Usman Suhuriah untuk Sulawesi Barat yang akan memasuki usia 17 tahun.

Kado tersebut berupa gagasan yang di muat dalam sebuah terbitan buku dengan judul “Jangan Melambat di Lajur Cepat Memajukan Sulawesi Barat Memajukan Indonesia”.

“Jadi buku ini dalam sebuah tradisi narasi, hadir semacam kado kecil untuk Sulawesi Barat,” ungkap Usman di salah satu warkop yang ada di Mamuju, Selasa (21/09/21).

Disampaikan, isi buku terdiri 73 tema atau judul, dan di tulis dengan gaya populer yang berisi telaah, fakta, data serta fenomena yang sedang dihadapi provinsi Sulawesi Barat.

Lanjut Usman Suhuriah menyampaikan, bahwa yang di alami Sulbar berdasarkan fakta, data dan fenomena yang ia tangkap termuat dalam 73 pada tema buku tersebut.

“Diantaranya aspek politik, ekonomi dan sosial,” jelasnya.

Menurut Usman, jika fakta-fakta tersebut tidak segera dikelola dengan baik maka Sulbar tak akan mampu mengejar ketertinggalannya dari provinsi lain. Seperti fakta dan fenomena soal IPM, Reformasi Birokrasi, akutnya ketergantungan keuangan daerah kepada pemerintah pusat, angka kemiskinan, pengangguran, pentingnya regulasi dan karakter kepemimpinan.

“Semua permasalahan Indonesia ada di Sulawesi Barat dan kalau tidak segera dikelola maka Sulbar akan terus melambat sementara perubahan-perubahan yang mengagetkan dan tak terduga itu berjalan kekal,” terangnya.

Kata Usman, untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang besar tentu pemimpinnya harus kuat.

“Logikanya, kalau dia sedang menghadapi masalah besar maka orang yang akan menyelesaikan masalah harus lebih besar dari masalahnya,” demikian gambaran singkat dari isi buku yang di tulis Usman Suhuriah.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

 

 

Komentar