by

Pontensi Dampak Kerusakan Wilayah Mamuju Akibat Gempabumi

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemetaan potensi dampak kerusakan berdasarkan klasifikasi tanah akibat gempabumi di Mamuju.

Saat rapat dengan Pj Gubernur Sulbar, Sabtu (11/06/22), Kepala Pusat Seismologi Teknik, Rahmat Triyono, mengatakan jenis tanah di Mamuju bervariasi, mulai dari tanah lunak yang didominasi di wilayah pesisir utara, dan sebagian kecil tanah sedang hingga tanah keras di wilayah selatan yang merupakan wilayah perbukitan.

Jenis tanah lunak diberi simbol warnah merah, tanah sedang berwarna kuning dan tanah kuat warna hijau.

Warna merah memiliki dampak kerusakan sedang dan berpotensi kerusakan berat. Sedangkan warna kuning memiliki dampak ringan dan berpotensi sedang. Kemudian warna hijau memiliki dampak potensi ringan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pasca gempa 6,2 Magnitudo tahun 2021 tersebut, diharapkan dapat jadi acuan untuk menentukan kualitas bangunan. Baik rumah, pertokoan maupun gedung fasilitas lainnya.

“Kami kesini untuk mensurvei lagi dampak gempa 5,8 kemarin. Juga sebagai data tambahan untuk membuat peta lebih detail lagi,” pungkas Rahmat Triyono.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment