oleh

TRC Covid-19 Mamasa Bubar, Amos: Strategi Baru

MAMASA, MEDIAEKSPRES.id – Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa resmi dibubarkan. Hal itu karena adanya “strategi baru” yang disiapkan pihak Pemkab Mamasa.

Ketua TRC Mamasa, Amos Pampang Bone mengatakan, pihaknya bubar terhitung sejak 7 Agustus 2020.

“Kita resmi bubar itu terhitung kemarin setelah pasien terakhir yang dikarantina boleh dipulangkan. Alasannya karena kita punya strategi baru untuk covid ini,” terang Amos via telepon, Sabtu (8/8/2020).

Strategi baru yang dimaksud Amos adalah memperhitungkan adaptasi kebiasaan baru yang mulai diberlakukan di Mamasa. Selain itu, TRC juga menindaklanjuti perubahan penanganan covid dari kementerian.

Perubahan tersebut lebih banyak mengarahkan masyarakat untuk terbiasa hidup dalam situasi korona. Hal itu sesuai revisi ke-V aturan penanganan Covid-19 Kemenkes RI.

“Jadi strategi barunya ini kita perhitungkan bagaimana gaya hidup masyarakat agar terbiasa dengan keadaan positif korona,” jelasnya.

Lebih jauh, Amos menuturkan bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) TRC, yakni melakukan Screening Covid-19 guna mencegah penularan virus.

Dalam melakukan Screening, TRC terlebih dahulu menyusun strategi pencegahan berupa penyelidikan dan evakuasi.

“Terbukti dengan kinerja TRC, di Mamasa tidak ada transmisi lokal Covid-19. Yang ada itu pasien dari luar,” klaimnya.

Dia mengaku sudah menangani puluhan pasien, dari berstatus reaktif hingga positif Covid-19.

Namun karena adanya perubahan penanganan covid, proses Screening sudah tidak dibutuhkan. Justru, Amos menilai, jika TRC tetap aktif dalam “strategi baru” tersebut, anggaran yang dibutuhkan pasti besar.

Untuk itu, Ketua TRC Mamasa menyebut bubarnya tim reaksi cepat adalah langkah tepat.

Meski “strategi baru” merupakan alasan TRC bubar, Amos tak memungkiri bahwa pihaknya selama ini kewalahan anggaran.

“Jujur selama ini kami kewalahan. Bulan Agustus ini saya lihat tidak ada anggarannya,” ujar Amos yang juga menjabat Sekdis Kesehatan Mamasa itu.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

Kata bijak “Kesehatan adalah hubungan antara Anda dan tubuh Anda.”

Terri Guillemets

Komentar