by

Sandiaga Uno Buka Manakarra Fair di Mamuju, Pemuda Demonstrasi

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Sejumlah pemuda dari Kalumpang Raya melakukan aksi demonstrasi sesaat setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno membuka event Manakarra Fair di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Kamis malam (14/07/22).

Kehadiran Sandiaga Uno di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), dimanfaatkan massa aksi sebagai momentum penyampaian aspirasi sekaitan kondisi wilayah Kalumpang Raya (Bonehau-Kalumpang) yang dianggap kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat.

“Kami berharap kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa berkunjung di Kalumpang Raya, melihat langsung kondisi wilayah,” ungkap sang orator, Aco Riswan.

Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga diharapkan dapat menutup akses pembangunan PLTA Karama di Kamassi oleh PT. DND Hidro Ecopower.

Hal ini dinilai akan berdampak terhadap keberadaan sejumlah wilayah yang ada di Bonehau-Kalumpang. Karena dianggap akan mendatangkan potensi bencana berupa tenggelamnya sejumlah wilayah.

Sehingga kata Aco Riswan, tentu akan berdampak pula terhadap pelestarian budaya, termasuk tradisi budaya yang banyak diekspos melalui kegiatan Manakarra Fair.

“Program berkelanjutan yang sedang disodorkan pemerintah kepada daerah kami, akan mengikis secara tidak langsung kebudayaan yang ada,” terangnya.

Aksi yang dilakukan Aco Riswan ini tidak berlangsung lama, dengan adanya pengamanan ketat dari pihak aparat. Meskipun begitu Aco Riswan dan kawan-kawan sudah mendapat janji untuk audiens dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, besok siang.

Reporter : Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment