by

Pemprov Sulbar: Kemiskinan Meningkat Akibat Covid-19

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyampaikan penyebab angka kemiskinan meningkat karena pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Sekretaris Pemprov Sulbar, Muhammad Idris, Sebagai Jawaban Gubernur Sulbar Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 di DPRD Sulbar, Kamis (23/06/22).

Muhamad Idris mengatakan, penangan pengentasan kemiskinan di Sulbar mengalami fluktuatif akibat dampak pandemi covid-19. Hal itu sesuai data yang dijelaskan, pada Maret 2021 angka kemiskinan sempat turun menjadi 11,23 persen namun kemiskinan mengalami kenaikan sebesar 11,85 persen pada September 2021.

“Peningkatan angka kemiskinan tersebut disebabkan pandemi yang berdampak terhadap ekonomi bawah dan juga keluarga miskin,” ucapnya.

Selain itu, keluarga masyarakat rentang miskin mengalami kehilangan penghasilan akibat kurangnya aktivitas ekonomi. Sehingga berdampak terhadap peningkatan beban masyarakat.

Untuk menurunkan angka kemiskinan yang cukup tinggi tersebut, kedepan kata Muhammad Indris, akan dilakukan upaya pengentasan kemiskinan dengan berbagai kebijakan. Diantaranya penguatan system data melalui verifikasi dan validasi data kemiskinan sebagai rujukan intervensi program perangkat daerah.

Baca juga

Temuan BPK Terhadap LKPD Sulbar Tahun 2021

Kemudian itu, meningkatkan pemberdayaan masyarakat pada daerah yang tingkat kemiskinannya tinggi, serta memperkuat peran tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Pemprov Sulbar maupun kabupaten. Terutama singkronisasi program pengentasan kemiskinan, juga memperkuat system monitoring dan evaluasi program.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment