Koreksi Berita: Jabat Kabid Sejak 5 Januari, Rahmat Sebut Kepala BPBD Transparan Kelola Anggaran

 

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar, Rahmat Barawaja menyebut pengelolaan anggaran bantuan bencana di instansinya, berjalan transparan.

Menurut Rahmat, hal itu dibuktikan saat Kepala BPBD, Darno Majid memaparkan secara gamblang penggunaan dana bantuan bencana, pada rapat Pansus DPRD Sulbar.

“Terhadap pengelolaan dana bantuan, kepala BPBD secara transparan sudah menyampaikan pada saat mengikuti rapat Pansus Gempa Sulbar, yang juga dihadiri pers, jadi tidak benar kepala badan saya tidak transparan terhadap pengelolaan dana bantuan korban bencana,” jelasnya, Rabu (24/2/2021).

Ia menuturkan, sudah ada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan bendahara pengeluaran yang bertanggung jawab penuh terkait pelaporan keuangan.

Jalur koordinasi pengelolaannya adalah bendahara melaporkan ke kepala BPBD selaku KPA. Sementara Rahmat bertugas melaporkan Buku Laporan Besar Bantuan Logistik kepada kepala badan.

Eks sekretaris BPBD itu juga menyampaikan bahwa kunci gudang logistik sudah diserahkan kepada Kepala Seksi Logistik, Muh. Budianto.

“Pak kepala seksi saat ini sedang mencatat stok persediaan di gudang BPBD Provinsi Sulbar yang dilaksanakan atas petunjuk BPKP yang sedang melakukan pemeriksaan logistik,” papar Rahmat Barawaja.

Catatan: Berita ini merupakan koreksi dari pemberitaan tanggal 18 Februari 2021 dengan judul “Dana Bantuan Bencana Mengalir ke Operasional, Sekretaris BPBD: Saya Tak Pernah Tahu”.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

Comment