BI Sulbar Luncurkan QRIS, Diharapkan Hadir di Puncak Acara

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.ID – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meluncurkan sistem pembayaran melalui QRIS (QR Indonesia Standar).

Kepala BI Perwakilan Sulawesi Barat, Budi Sudaryono menjelaskan, melalui QRIS dapat mempermudah masyarakat melakukan pembayaran.

“Sebenarnya QRIS ini sudah mulai diluncurkan pada 17 Agustus 2019, bertepatan hari kemerdekaan kita,” ungkap Kepala Perwakilan BI Sulbar, Budi Sudaryono dikantornya, Jumat (06/03/20).

Dengan menggunakan QRIS, tidak perlu lagi punya banyak kode QR. Ditambah lagi QRIS menggunakan kode QR standar internasional EMV Co. yang sudah dipakai di berbagai Negara.

Selain itu, biaya transaksi QRIS sudah diseragamkan untuk seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran  (PJSP), seperti GoPay, Ovo, Dana, BCA, BRI dan sebagainya.

Untuk meningkatkan jumlah pengguna QRIS sendiri di Indonesia, Perwakilan BI Sulawesi Barat melaksanakan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 yang terdiri dari 3 kategori kegiatan yakni Costumer Focus, Merchant Focus dan Puncak Acara.

Costumer Focus dimulai tanggal 2-8 Maret melalui media. Dengan memberikan sosialisasi terkait penggunaan QRIS kepada masyarakat, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat yang sejalan dengan peningkatan penggunaan QRIS.

Merchant Focus terdiri dari Millenial Community (SMA, Pesantren dan Universitas), Mall dan Keunikan Daerah dan Tempat Ibadah.

Millenial Community dilaksanakan pada tanggal 9 Maret di SMAN 1 Majene dan STAIN Majene – Tanggal 12 Maret di STIE Muhammadiyah Mamuju dan SMAN 1 Mamuju.

Mall dan Keunikan Daerah pada Tanggal 10 Maret, Bazaar UMKM— Gedung Asmal Majene dan Tanggal 11 Maret, Sosialisasi di Matos Mall.

Kemudian Tempat Ibadah, Tanggal 13 Maret 2020 di Masjid Raya Suhada Mamuju.

Sementara pada Puncak Acara akan dilaksanakan di Taman Karema, Mamuju pada Tanggal 14 Maret 2020, dimulai 17.00 Wita.

Adapun bentuk kegiatan berupa Peresmian Taman Karema Sebagai Taman Digital, User Experience masyarakat menggunakan QRIS, Tiktok QRIS, Live Band, Game UE Kaget (tantangan belanja memakai UE di merchant yang memiliki QRIS), Kuis Kahoot tentang QRIS, Lomba vlog dan lomba jingle QRIS, Tarian tradisional menunjukkan kearifan local dan Bekerjasama dengan BRI dan Manakarra UMKM Corner.

Peserta pada puncak acara terbuka untuk Masyakarat Umum, termasuk Pelaku UMKM dan PJSP.

“Pengisi acara ada Forkopimda, Influencer Angga Candra, Putri Indonesia Perwakilan Sulawesi Barat tahun 2018 dan di isi oleh Band,” pungkas Budi.

Reporter : Wan

Editor : Mediaekspres.id

Comment