oleh

KPU Sulbar Tanggapi Insiden Salah Tempat Bendera Negara

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) ikut menanggapi kesalahan tempat Bendera Merah Putih, pada debat kandidat Pilkada Mamuju tahap pertama lalu.

Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan, insiden tersebut harus menjadi bahan evaluasi KPU Kabupaten Mamuju pada debat selanjutnya.

Baca juga:

Hal Aneh di Debat Kandidat Pilkada Mamuju, Ada yang Bisa Temukan?

“Menjadi bagian dari evaluasi perbaikan (KPU Mamuju) untuk debat selanjutnya,” kata Rustang kepada Mediaekspres.id via pesan singkat WhatsApp, Kamis (12/11/2020).

Ia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Letak Bendera Merah Putih (lingkar merah) berada di sebelah kiri bendera KPU, pada debat kandidat Pilkada Mamuju, 31 Oktober 2020

Sebelumnya diberitakan, KPU Mamuju keliru menempatkan Bendera Merah Putih saat debat kandidat di hotel Matos, 31 Oktober lalu.

Baca juga:

GP Ansor Minta KPU Klarifikasi Kesalahan Posisi Bendera Negara

Bendera Negara itu justru diletakkan di sebelah kiri bendera KPU.

Padahal, hal ini bertentangan dengan PP Nomor 40 Tahun 1958 tentang Peraturan Bendera Kebangsaan Indonesia.

Pasal 26 nomor 1 huruf (a) PP tersebut berbunyi: Jika hanya ada sebuah bendera panji – panji organisasi, maka Bendera Kebangsaan dipasang di sebelah kanan.

Kejadian tersebut juga disorot pengurus DPP GP Ansor Korwil Sulbar, Amran HB.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang memberi kelapangan untuk berekspresi, yang memberi kebebasan untuk berkarya, dan yang saling menghargai satu sama lain.”

NN

Komentar