oleh

Hadapi Gempa, GP Ansor Usulkan Sembilan Rekomendasi Kepada Pemrov Sulbar

MAMUJU-MEDIAEKSPRES.id-  Gerakan Pemuda Ansor menjadi relawan penanganan pasca gempa sejak ‏15 Januari lalu di Provinsi Sulbar.

Satuan Banser Tanggap Bencana (Bagana) bergerak satu komando menyisir hingga kepelosok yang terkena dampak gempa.

Dari hasil analisis dan kajian temuan di lapangan, GP Ansor tim komando Posko Induk merampungkan sembilan rekomendasi yang akan diberikan kepada pemerintah provinsi Sulbar untuk di tindak lanjuti.

Adapun sembilan rekomendasi tersebut antara lain.
1. Literasi darurat bencana pada anak usia dini
2. Pentingnya gagasan spirit pembangunan
3. Himbauan sadar bencana
4. Asesmen, mitigasi dan jalur evakuasi tanggap darurat bencana
5. Prasarana Air Bersih
6. Sistem Informasi tanggap darurat bencana
7. Trauma Healing
8. Keamanan, Kesehatan Ibu, anak dan lansia
9. Percepatan, ketepatan pendistribusian logistik masa tanggap darurat hingga pasca pemulihan dampak bencana

Ke sembilan poin rekomendasi ini disampaikan oleh Komandan Banser Sulawesi Selatan A. Abbas Rauf Rani di depan Asisten 1 Pemrov Sulbar, M. Natsir di kediamannya di Graha Nusa, Mamuju.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Pimpinan Pusat Gp.Ansor H.Amran HB, Ketua PW GP Ansor Sulawesi Selatan (Sulsel), Rusdi Idrus, Ketua LBH Sulsel, Ramdhany Tri Saputra, Kasatkorwil Banser Sulsel, A. Abbas Rauf Rani, Ar, Perwakilan PW GP Ansor Sulbar, Iswar, Mahmud Subarkah, Muh. Iksan Hidayah, Budi Santoso, anggota Banser Tanggap Bencana. Dan Ketua DPW Garda Bangsa Sulbar, Muh.Iswar

“Terima kasih atas rekomendasi GP Ansor. Ini menjadi bahan masukan bagi kami di pemerintahan Provinsi Sulbar. Kami tunggu poin rekomendasi dalam sebuah surat, saya akan langsung sampaikan kepada pimpinan,”
Kata Asisten 1 Pemprov Sulbar, M. Natsir, Mamuju, Sabtu, (06/02/2021)

Ia berharap, relawan tetap masif membantu masyarakat. Karena relawan yang dapat menjangkau daerah terpencil dan memberi masukan kepada pemerintah, termasuk sahabat-sahabat GP Ansor.

Ia menyampaikan ucapan permohonan maaf dan terimakasih setinggi-tingginya. Atas kehadiran GP Ansor di Sulbar menjadi relawan yang tanpa kenal kelah membantu masyarakat Di Sulawesi barat dan Semoga apa yang dipersembahkan GP Ansor mendapat imbalan pahala dari Allah SWT.

Reporter : Chandraqa
Editor : mediaekspres.id

“Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama, harus lahir sebuah masyarakat yang membuat semua umat manusia bangga”

Nelson Mandela

Komentar