oleh

Operasi Alpha, Misi Super Rahasia yang Libatkan Soeharto-Israel

MEDIAEKSPRES.id – Mantan presiden Soeharto merupakan salah satu pemimpin yang menyimpan banyak rahasia. Soeharto menjabat sebagai presiden selama 32 tahun. Banyak prestasi yang sudah diraih oleh Soeharto dalam membuat rakyat hidup dengan teratur. Namun, banyak hal tentang dirinya yang tak diketahui masyarakat.

Soeharto tercatat pernah beberapa kali melakukan misi super rahasia yang dipercayakan kepada Benny Moerdani. Salah satu misi super rahasia Soeharto adalah pembelian 32 pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk milik Israel pada 1979.

Melansir dari buku berjudul “Benny Moerdani Yang Belum Terungkap”, berikut cerita misi super rahasia Soeharto.

Nama sandi misi super rahasia ini adalah Operasi Alpha, diambil dari huruf depan pesawat A-4E Skyhawk yang akan dibeli.

Pembelian pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk secara diam-diam ini dilakukan karena Indonesia saat itu tak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Mantan Kepala Staf TNI AU Marsekal (Purn) Ashadi Tjahjadi dalam bukunya berjudul ‘Loyalitas Tanpa Pamrih’, menceritakan Benny Moerdani memberikan ancaman kepada para anggota yang ikut dalam misi super rahasia itu.

Benny mengancam tidak akan mengakui kewarganegaraan mereka jika misi ini gagal.
“Yang ragu-ragu silahkan kembali sekarang” ucap Benny di dalam buku Ashadi Tjahjadi.

Misi super rahasia ini cukup merepotkan intelijen Indonesia karena harus mengirim tim mulai dari teknisi hingga pilot, tentunya dengan diam-diam. Semua identitas prajurit yang dikirim dalam misi ini dibuang di laut Singapura. Bahkan, untuk menjaga kerahasiaan, mereka menyebut Israel dengan Arizona (negara bagian AS).

Djoko Poerwoko, salah satu anggota tim, dalam bukunya berjudul ‘Menari di Angkasa’, menceritakan bahwa awalnya mereka terbang ke Frankfurt, Jerman. Setelah beberapa kali ganti pesawat, mereka tiba di bandara Ben Gurion, Tel Aviv, Israel. Di sana, para pilot itu langsung digiring petugas tanpa sempat menyerahkan surat jalan.

Misi super rahasia Operasi Alpha berakhir pada 20 Mei 1980.

Kembali ke Indonesia, mereka memamerkan Skyhawk ke publik pada peringatan HUT ABRI, 5 Oktober 1980.

Sumber: Gridhype.id

Editor   : Mediaekspres.id

“Tragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana.” 

Benjamin Franklin

Komentar