Ketua DPRD di Mata Andi Dodi: Seperti Kepala Dinas

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Wakil Ketua DPRD Mamuju, Andi Dodi memberi komentar menohok soal Ketua DPRD, Azwar Anshari Habsi.

Dia menyebut, Azwar layaknya kepala dinas yang punya bawahan.

“Ari (sapaan akrab ketua DPRD) seperti kepala dinas dan kami, anggota DPRD yang lain adalah bawahannya,” ujar Andi Dodi di Mamuju, Selasa (14/7/2020).

Politisi Hanura itu menilai, Azwar Anshari tidak mengerti sistem kepemimpinan di lembaga DPRD yang menganut kolektif kolegial.

Ketua DPRD, kata Andi Dodi, menganggap seluruh anggota legislatif bisa diperintah sesuka hati.

Menurutnya, salah satu sikap arogansi ketua DPRD, yakni melempar tanggung jawab memimpin rapat kepada legislator lainnya secara mendadak.

“Pernah kami akan rapat, dia yang tanda tangan undangan. Setiap rapat akan mulai, selalu saja ada staf sekretariat yang datang menyampaikan pesan dari Ari agar saya yang pimpin.”

“Kami tahu ketua ada di ruangannya. Inikan sudah sifat kekanak-kanakan. Selalu saja begitu,” kesalnya.

Ketersinggungan anggota DPRD semakin menjadi-jadi saat pembahasan refocusing anggaran.

Mereka menemukan fakta soal beberapa item program pokok pikiran ketua DPRD yang ternyata berjalan, di tengah fokusnya konsentrasi penganggaran menghadapi pandemi.

Padahal, kata Andi Dodi, DPRD secara kelembagaan sudah menyepakati, seluruh program termasuk anggaran makan minum anggota dewan dialihkan ke penanggulangan Covid-19.

“Dibuka itu data refocusing, ternyata program ketua masih ada jalan. Kita sayangkan karena ini menyangkut asas keadilan,” tegasnya.

Berdasarkan penuturan Wakil Ketua DPRD, jumlah anggaran pokok pikiran anggota legislator Mamuju yang dialihkan ke penanggulangan covid, sekira Rp 48 miliar.

Sementara anggaran sekretariat DPRD dialihkan sebesar Rp 8 miliar dari Rp 20 miliar jumlah pagu tahun anggaran 2020.

Tanggapan bernada sindiran tersebut diungkapkan Andi Dodi, sekaligus mengklarifikasi ketidakhadiran sejumlah anggota dewan di sidang paripurna HUT Mamuju ke-480.

Ia menjelaskan, alasan 20 anggota DPRD urung hadir karena kecewa kepada Ari.

Anggota DPRD Mamuju juga bakal melayangkan mosi tidak percaya ke Ketua DPRD.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekapres.id

Kata bijak “Kepemimpinan adalah pelayanan. Kepemimpinan bukan tentang kemenangan, tapi tentang pelayanan: Bagaimana kamu menyadari masalah yang sedang terjadi dan dapat memberikan solusi.”

Kofi Annan

Comment