BAN-S/M Sukses Laksanakan Uji Kompetensi Asesor

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) sukses melaksanakan Uji Kompetensi Asesor (UKA) sekolah/madrasah secara daring terhadap 10.600 asesor dari 34 provinsi, Sabtu, 20 Juni 2020.

Asesor yang mengikuti uji kompetensi ini merupakan asesor yang telah lolos melewati praseleksi.

Para asesor yang telah lolos praseleksi ini mengikuti ujian secara daring dan mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan yang cukup ketat melalui media kamera web yang wajib diaktifkan para peserta selama ujian berlangsung.

Selama mengikuti tes, peserta dituntut untuk tetap dalam posisi duduk sendiri dalam ruangan tertutup dan tidak ada gangguan atau intervensi dari orang lain. Selama ujian berlangsung, aktivitas peserta akan direkam melalui kamera yang ada pada perangkat ujian peserta.

Apabila aktivitas peserta tidak bisa terlihat melalui kamera, pengawas dapat menghentikan ujian peserta dan peserta dianggap telah menyelesaikan ujian.

Uji kompetensi ini meliputi aspek kognitif dan non-kognitif dengan harapan dapat menjaring asesor yang secara substansi berkualitas tidak hanya memiliki pengetahuan akreditasi yang memadai,tetapi juga memiliki penalaran, kepribadian, karakter, dan integritas yang lebih baik dari sebelumnya.

Ujian kompetensi terkait aspek kognitif asesor dilaksanakan selama 140 menit, sementara ujian kompetensi terkait aspek nonkognitif dilaksanakan selama 80 menit.

Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Sulawesi Barat (Sulbar), Amran HB mengakui, UKA sekolah/madrasah secara daring baru pertama kali terjadi di Indonesia dan dihadiri  begitu banyak peserta.

“Sulawesi Barat sendiri diikuti sebanyak 125 orang dan 1 orang menyatakan diri mundur karena tidak bisa mengikuti aplikasi internet yang menjadi persyarat UKA itu,” kata Amran melalui via telepon selulernya, Senin (22/06/20).

Baca juga, Dua Generasi Emas Sulbar, Adakah Bantuan Pemerintah?

Amran HB berharap kepada para asesor dan stakeholder pendidikan agar mulai berbenah dari sekarang, serta membiasakan diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berafiliasi di IT.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment