Upaya Pemdes Tammerodo Utara Memutus Covid-19

MAJENE, MEDIAEKSPRES.id – Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah bekerja keras memutus mata rantai penyebarannya. Baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Begitu pula dengan Pemerintah Desa (Pemdes), seakan tidak mau ketinggalan merespon isu Covid-19 tersebut, termasuk salah satu desa yang ada di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yakni, Desa Tammerodo Utara.

Beberapa waktu lalu, Desa Tammerodo Utara melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah rumah warga dan tempat-tempat umum.

Hari ini, Sabtu 18 April 2020, Desa Tammerodo Utara kembali membagikan masker ke warga sebagai tindak lanjut dari sikap tanggap Pemdes Tammerodo Utara dalam memutus mata rantai penyebaran pandemik Covid-19.

“Kurang lebih 500 masker yang telah tersedia dan, hari ini kami sudah mulai bagikan ke warga,” ungkap Kepala Desa Tammerodo Utara, Mulyadi kepada Mediaekspres.id di kantornya, Sabtu kemarin (18/04/20).

Mulyadi mengatakan, pembagian masker dilakukan di depan kantor desa, dimana disitu ada tenda dibangun yang juga sebagai posko untuk memantau.

Kepala Desa Tammerodo Utara mengakui, pihaknya bersama perangkat desa, tim gugus tugas Covid-19 dan anggota BPD terlibat langsung di kegiatan itu.

“Kami melibatkan seluruh perangkat desa dan tim gugus tugas Covid-19 serta para BPD dalam pembagian masker,” terang Mulyadi.

Mulyadi menyampaikan, masker yang dibagikan diperoleh dari hasil pemberdayaan masyarakat dan para pelaku UKM yang bergerak di bidang menjahit.

“Masker yang kami bagikan hasil dari pemberdayaan masyarakat yang tau menjahit. Jadi Pemdes yang siapkan bahan-bahannya dan masyarakat tinggal menjahit,” ujarnya.

Mulyadi memantau pembagian masker di Kantor Desa Tammerodo Utara.

Lanjut Mulyadi, masker yang ada dipesan khusus langsung di tukan jahit dan bahan yang siapkan juga sesuai standar.

“Kami pesan sesuai standar, masker kain yang 2 Lapis tidak sama masker pada umumnya yang biasa berbahan dasar kain saja, tapi ini dua lapis,” katanya.

Tak hanya itu, kata Mulyadi, pihaknya juga akan membagikan tempat pencuci tangan disetiap rumah warga yang di desanya.

“Jadi kami berencana masih akan kembali membagikan kesisahan masker karena masih ada juga sementara dipesan ditukang jahit, serta tempat pencucian tangan didepan rumah-rumah warga juga akan kami bagikan,” jelas Mulyadi.

Menurut Mulyadi, pihaknya juga akan terus memantau perkembangan virus Corona dan apabila langkah-langkah telah dilakukan belum maksimal, maka pihaknya akan mengupayakan berbagai terobosan-teroban baru.

“Intinya Pemerintah Desa disini betul-betul serius untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19, dan kami berharap semoga virus Corona ini cepat berlalu dan kita bisa kembali dalam keadaan normal seperti biasa,” tutup Mulyadi.

Reporter: Jumain

Editor : Mediaekspres.id

Comment