Cara Pagar Nusa Polman Lawan Covid-19 Dapat Apresiasi

POLMAN, MEDIAEKSPRES.ID – Sejumlah  Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan bahu membahu melawan virus Corona atau dengan nama lain Covid-19. Salah satunya Perguruan Pencak Silat Nahdaltul Ulama (NU) Pagar Nusa Polewali Mandar (Polman)

Mereka melawan virus Corona melalui gerakan cuci tangan dengan mewajibkan seluruh santrinya untuk menyediakan wadah cuci tangan di halaman rumahnya masing-masing.

Kegiatan ini dilakukan pada Senin 30 Maret 2020, secara serentak di rumah para santri.

Hal itu kemudian mendapat apresiasi baik dari masyarakat desa, dimana santri bermukim yang tersebar diseluruh kecamatan di Polman.

Penanggung jawab Aksi Adrianasyah, mewakili pengurus cabang mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk ikhtiar Pagar Nusa Polman untuk mencegah persebaran virus Corona yang saat ini sedang terjadi di Indonesia, sekaligus berupaya menjadi bagian kelompok yang peduli pencegahan Corona didesa masing-masing santri.

“Kita harus saling melindungi satu sama lain dan harus saling menjaga agar terhindar dari marabahaya virus Corona,” ujarnya kepada Mediaekspres.id, Senin (30/03/20).

Adri juga menjelaskan, salah satu cara untuk mencegah atau terhindar dari virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Meski banyak cara yang telah diumumkan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona, antara lain memakai masker ketika keluar rumah, memakai gel pencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak 1 meter dengan orang lain.

“Cara yang paling mudah untuk dilakukan orang-orang desa adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun,” tegasnya.

Terpisah Ketua Wilayah Pagar Nusa Sulbar Suryananda, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Pagar Nusa Polman tersebut. Dirinya menyampaikan rasa kasih atas rasa kepedulian para kadernya terhadap masyarakat.

“Saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pimpinan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian kader Pagar Nusa Polman, meskipun kecil tapi sangat bermanfaat sekali bagi kebersihan masyarakat,” jelasnya.

Surya juga berpesan, agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Merebaknya virus Covid-19 di berbagai daerah di tanah air menjadikan berbagai aktivitas di lingkungan NU, Badan Otonom dan lembaga yang berkaitan dengan pengumpulan massa ditunda pelaksanaannya.

Hal itu sesuai arahan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan pemerintah terkait hal-hal kegiatan yang berpotensi pengumpulan massa untuk ditunda sementara waktu.

“Apa yang dilakukan kader-kader Pagar Nusa Polman untuk saling mengingatkan kepada masyarakat, agar berperilaku hidup sehat sekaligus mencegah terjangkitnya virus apapun, tak hanya Corona didesa masing-masing,” pungkasnya.

Reporter: Chandraqa

Editor: Mediaekpres.id

Comment