Sekprov Tekankan Percepat Pengadaan Barang dan Jasa

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.ID, Sekertaris Provinsi Sulawesi Barat (Sekprov Sulbar), Muhammad Idris menekankan bahwa di tahun 2020 akan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa

Hal itu ditekankan Sekprov Sulbar, Muhammad Idris pada Rapat Pimpinan Khusus Pengadaan Barang dan Jasa tahun 2020, yang berlangsung di ruang meeting lantai II Kantor Gubernur Sulbar, Jumat 28 Februari 2020.

“Kita sudah sepakat bahwa di tahun 2020 sesuai dengan komitmen kita berakhir, itu kita mau mempercepat proses pengadaan barang dan jasa, karena yang selalu menjadi alasan terakhir di laporan kita adalah pendataan,” tutur idris.

Terkait penginputan data dalam proses pengadaan barang dan jasa, sambung Idris, sengaja mengumpulkan para kepala OPD  untuk mulai membangun semangat bekerja di awal waktu.

Mantan Deputi Diklat LAN RI itu menyebutkan, beberapa OPD yang tersistem masuk dalam daftar aman yang telah menyelesaikan proses input , sedangkan daftar kuning,  yang proses inputannya belum rampung. Harapan Idris agar para OPD bisa lebih serius untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing.

Untuk  daftar OPD yang telah rampung dalam proses input data antara lain, Dinas Kelautan dan Perikanan, Biro Kesra, BPBD, Badan Penghubung, Biro Perekonomian, Dinas Esdm, Dinas Dukcapil, Dinas Ketapang, Dinas Kominfo, Dinas Pemberdayaan dan Perempuan, Dinas Penanaman Modal, dan Inspektorat.

“Terkhusus  yang telah selesai melakukan penginputan 100 persen agar segera menyiapkan dokumen lelang,” jelas Sekprov.

Kepala Seksi dari Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Amrullah Waris mengungkapkan perihal yang masih menjadi kendala dalam proses input data yang masih banyak digunakan OPD dalam bentuk manual.

“Kami harus ingatkan bahwa proses pengadaan langsung itu kalau bisa dilakukan dengan mode transaksional bukan percepatan, karna kalau kawan-kawan opd masih melakukan kontrak manual dan tidak melakukan penjelasan, realisasinya tidak akan terdaftar di sistem,” ungkap Amrullah.

Amrullah juga mengingatkan kepada semua OPD untuk lebih berkonsentrasi lagi pada pengadaan barang dan jasa yang dananya bersumber dari DAK.

Selain Sekprov Muhammad Idris, juga hadir  Asisten II Bidang Pembangunan Hamzah, Kepala Biro Ekbang Asmar, perwakilan UKPBJ Sulbar  Amrullah Waris, serta pimpinan OPD. (Adv)

Comment