Warga Blokir Jalan Hentikan aktivitas Pemuatan Batu Bara PT. Bonehau Prima Coal

Mamuju – Puluhan warga yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Pengguna Jalan Poros Bonehau Kalumpang melakukan pemblokiran akses jalan hauling pengangkutan batu bara milik PT.Bonehau Prima Coal.

Warga kesal lantaran aktivitas muat batu bara PT. Bonehau Prima Coal menggunakan fasilitas jalan raya yang harusnya mereka siapkan sendiri.

Yoga Pratama selaku jendral lapangan dalam aksi pemblokiran akses jalan hauling PT.BPC mengatakan bahwa aksi tersebut akibat aktivitas pengangkutan yang merugikan warga akibat debu dan menggunakan fasilitas umum yang seharusnya mereka tidak bisa lalui, Ujarnya.

Berita Terkait : 

Pemprov Sulbar Lakukan Pendekatan Dialogis dan Humanis, Aksi Dua Kelompok Unjuk Rasa Berlangsung Tertip

Puluhan warga melakukan pemblokiran jalan poros bonehau kalumpang.

“Kami selaku masyarakat yang merasakan dampak langsung dari aktifitas kegiatan pihak perusahaan, salah satunya ialah kegiatan road hauling perusahaan yang menggunakan jalan umum sehingga kami melaksanakan pemblokiran hari ini”, Kata Yoga Pratama, Jumat 22 Maret 2024.

Yoga juga meminta kepada pemerintah provinsi sulawesi barat dan pemerintah kabupaten mamuju selaku penengah dari PT.BPC tidak diam terkait persoalan yang ada, Ungkapnya.

“Jalan poros kalumpang bonehau bertahun-tahun yang lalu sejak kami perjuangkan sehingga bisa kita rasakan hari ini, tiba-tiba pihak perusahaan PT.BPC dengan seenaknya saja menggunakan tanpa mempertimbangkan kerugian bagi masyarakat bonehau”, Kesal Yoga.

Yoga juga mendesak pihak berwajib untuk menindaki secara serius persoalan yang sedang berlangsung di Dusun Tamalea, Desa Bonehau Kecamatan Bonehau.

Adapun tuntutan dari Aliansi Masyarakat Pengguna Jalan Poros Bonehau Kalumpang adalah sebagai berikut :

1. Meminta agar PT.Bonehau Prima Coal segera menghentikan Road Hauling menggunakan aksesnjalan poros Bonehau Kalumpang.

2.Mendesak Pj.Gubernur dan Dinas terkait untuk menindaklanjuti aksi tersebut.

Comment