Salmon Soppang Minta Cakades di Mamasa Tidak Melakukan Money Politic 

MAMASA, MEDIAEKSPRES.id – Sebanyak 91 Desa di kabupaten Mamasa Sulawesi barat (Sulbar) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 01 Mei 2023 mendatang.

Pesta demokrasi 6 tahunan tingkat Kepala desa dipastikan akan berlangsung.

Merespon itu, sejumlah pemerhati memberikan edukasi kepada Cakades, untuk tidak melakukan Politik uang. Satu diantaranya adalah Pelaut Asal Kabupaten Mamasa.

Salmon Soppang yang juga pemerhati, meminta kepada Calon Kades untuk tidak melakukan Politik uang dalam mengambil suara masyarakat.

“Saya mengharapkan agar Cakades tidak melakukan Politik uang. Sebab itu akan merusak tatanan demokrasi,” Katanya lewat WhatsAppnya Jumat 28/04/23.

Selain merusak tatanan demokrasi, juga dapat Tindak pidana politik uang diatur dalam Pasal 523 ayat (1) sampai dengan ayat (3) UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang dibagi dalam 3 kategori yakni pada saat kampanye, masa tenang dan saat pemungutan suara.

Olehnya itu, Salmon Soppang berharap agar Cakades tidak melakukan suap untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat pada saat pencoblosan.

“Selain ada pidana, politik uang juga sangat dilarang dalam ajaran agama. Sekali lagi suap itu tidak baik,” Tegas Salmon Soppang Manglo.

Ia juga meminta kepada masyarakat jika ada Politik uang yang ditemukan agar kiranya melaporkan kepada pihak berwajib.

” Kalau ada ditemukan seperti itu, langsung laporkan ke pihak berwajib dengan menyertakan bukti,” Katanya ia menambahkan.

” Saya kira sudah cukup jelas apa yang disampaikan Pak Kapolres Mamasa, bahwa jangan sekali kali melakukan Money Politic,” Lanjut lagi.

“Percaya jika Money Politic masih ada, sekelas kepala desa. Maka kita hanya beragama tapi tidak punya moral dan akhlak yang baik,” Tandasnya.

Penulis : Jufran

Editor : mediaekspres.id

Comment