oleh

Upacara HUT RI, GP Ansor Polman Gaungkan Perjanjian Kuno ‘Passemandarang’

POLMAN,MEDIAEKSPRES.id-Situs Allamungan Batu di Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menjadi saksi pelaksanaan Upacara HUT Republik Indonesia ke-76 yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang GP Ansor Polman tadi pagi.

Upacara digelar di situs bersejarah ini sebagai bentuk penguatan Persatuan dan Komitmen Solidaritas bangsa dalam menghadapi Covid-19.

Ketua Cabang GP Ansor Polman, Busra menjelaskan bahwa situs “Allamungang Batu Di Luyo” merupakan situs sejarah tentang sebuah perjanjian kuno yang berada lita’ (tanah) Mandar.

“Situs ini menjadi jejak dimana pernah terjadi sebuah perjanjian pendeklarasian sebuah komitmen yang disebut komitmen “Passemandarang” atau yang lebih populer disebut komitmen ‘Sipamandar’,” kata Busra, di Polman, Selasa, (17/08/2021).

Tambah Busra yang juga bertugas sebagai pembina upacara tersebut, bahwa komitmen ‘Passemandarang’ adalah sebagai penegas tali persaudaraan, saling bahu membahu untuk menjaga satu sama lain, saling melindungi dan saling kuat menguatkan tanpa syarat apapun.

“Komitmen ini menjadi semakin bermakna ditengah situasi yang kita hadapi saat sekarang ini. Dimana pandemi covid-19 yang melanda negeri kita ini tak terkecuali daerah kita kab. Polewali mandar. Di masa pandemi Covid-19 kader Ansor Banser harus saling membantu, memberi semangat kepada keluarga, masyarakat yang terkena Covid-19 atau sedang menjalani isolasi mandiri (isoman),” jelasnya

Perlu diketahui, upacara yang digelar tadi pagi ini, digelar terbatas, hanya dihadiri beberapa kader sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Reporter : BS
Editor : mediaekspres.id

“Kita semua menjadikan agama sebagai inspirasi bukan sebagai aspirasi,”

Yaqut Cholil Qoumas

 

Shalawat Menggema, Merah Putih Berkibar

Komentar