oleh

Pilkada Serentak, Bawaslu Sulbar Siapkan APD

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Bawaslu Sulawesi Barat (Sulbar) siap mengikuti prosedur tetap (protap) kesehatan Covid-19, dalam menghadapi pilkada serentak 2020. Hal itu diungkapkan Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar, Awaluddin Mustafa kepada Media Ekspres, belum lama ini.

Awaluddin mengatakan, Bawaslu RI telah menginstruksikan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi pengawas tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan.

Olehnya itu, Bawaslu tingkat kabupaten diminta masing-masing mendata jumlah kebutuhan APD.

“Fungsi kami di sekretariat itu untuk memfasilatasi kerja Bawaslu dalam pengawasan. Untuk pilkada serentak ini, sudah ada instruksi pusat untuk pengadaan APD,” ujar Awaluddin.

Dari empat kabupaten berpilkada, lanjut Awaluddin, hanya Pemkab Mamuju Tengah (Mateng) yang bersedia menganggarkan pengadaan APD untuk Bawaslu lewat hibah.

Sementara Pemkab Mamuju mengaku bakal memberikan bantuan lewat uang tunai.

“Kalau Majene dan Pasangkayu sama sekali tidak ada. Namun setelah optimalisasi anggaran, Majene menyatakan siap melakukan pengadaan APD. Untuk Pasangkayu, menunggu kucuran anggaran APBN,” jelasnya.

Awaluddin menambahkan, besaran biaya masih relatif tergantung kebutuhan Bawaslu kabupaten nantinya.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada koordinator sekretariat di empat kabupaten, lebih selektif memilih rekanan dalam pengadaan APD tersebut.

Ia menekankan agar menggunakan pihak ketiga yang siap modal. Hal ini untuk menghindari adanya permintaan uang muka.

“Masing-masing koordinator sekretariat harus selektif memilih rekanan yang punya modal,” kunci Awaluddin Mustafa.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Lima cara dalam mengajarkan keterampilan baru kepada karyawan adalah persiapan, penjelasan, pertunjukan, observasi, dan pengawasan.”

Bruce Barton   

Komentar