by

Putusan Pemda Mamasa Terkait Salat Idul Fitri 1441 H

MAMASA, MEDIAEKSPRES.id – Coronavirus disease (Covid-19) masih membuat masyarakat Indonesia membatasi diri untuk kegiatan di luar rumah, dalam rangka memutus rantai penyebaran pandemi tersebut.

Ramadan tahun ini tentunya berbeda dengan tahun kemarin. Masyarakat saat ini dihantui ketakutan dan kerisauan akan wabah penyakit.

Hal itu juga berlaku di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Meski masih bertahan pada status zona hijau Covid-19, pemerintah daerah (Pemda) tetap bersikap waspada.

Pemda Kabupaten Mamasa menggelar rapat pertemuan untuk mengambil kebijakan, terkait salat Ied atau salat Idul Fitri 1441 H, Selasa (19/5/2020).

Rapat yang digelar di aula mini tersebut dihadiri pemerintah daerah, tim gugus tugas Covid-19, Forkopimda, Kemenag, MUI dan perwakilan tokoh agama se-Kabupaten Mamasa.

Rapat tersebut kemudian menyepakati bahwa pelaksanaan takbiran dan salat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan di rumah masing-masing.

Berita acara hasil rapat Pemda Mamasa soal Salat Idul Fitri 1441 H

Di samping itu, Pemda dan Kemenag Kabupaten Mamasa akan membuat panduan pelaksanaan salat Ied di rumah. Panduan akan dibagikan kepada seluruh imam masjid dan kepala KUA se-Kabupaten Mamasa.

Terakhir, pemerintah mengimbau agar segenap masyarakat Mamasa senantiasa menjaga, serta meningkatkan toleransi umat beragama yang selama ini sudah terbina dengan baik.

Berita acara kesepakatan tersebut ditandatangani sejumlah perwakilan, diantaranya Bupati Mamasa, Polres, Dandim, Kemenag, MUI, FKUB dan Bamag Mamasa.

Reporter: Firdha Mutmainnah

Editor     : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Kepedulian terhadap kehidupan manusia dan kebahagiaan, dan bukan kehancuran mereka adalah hal pertama dan satu-satunya objek pemerintahan yang baik”.

Thomas Jefferson

Comment