Tanpa Bantuan Pemerintah, Masyarakat Desa Polio Gotong-Royong Bangun Jembatan

MAMUJU,MEDIAEKSPRES.id-Masyarakat desa Polio, dusun Rante damai kecamatan Kalumpang bergotong-royong memperbaiki jembatan.

Jembatan tersebut menghubungkan desa Karama menuju desa Polio kecamatan Kalumpang.

Atas inisiasi salah satu pedangang di desa Polio, masyarakat di sekitar, turun tangan membagun jembatan.

Untuk membuat jembatan, ia menggunakan batang kelapa yang didapat dari dusun Rante Damai.

“Sudah tiga titik jembatan yang saya bangun. Letaknya di dusun Salubabu, di dusun Rante damai dan di dusun Rante pata desa Polio,” ujar Wandi kepada medisekspres.id di Mamuju, Selasa, (30/01/2024).

Baca Juga : Bertemu Pj. Gubernur, PMII Mamuju Sampaikan Pengakuan Tanah Ulayat Masyarakat Kalumpang

Bapak Alif sapaan akrabnya mengatakan, dirinya tergerak memperbaiki jembatan dengan batang kelapa tersebut, agar mempermudah akses warga dalam membawa dagangannya ke kota termasuk dagangannya.

Lanjut dia mengatakan, untuk membangun satu jembatan dengan batang kelapa, dirinya mengeluarkan uang sebesar 600 ribu rupiah ditambah ongkos senso dan biaya konsumsi warga sekitar.

“Yah hitung-hitung sekitar 2,5 juta uang saya keluarkan untuk membangun 3 jembatan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah kabupaten agar menggelontorkan anggaran untuk memperbaiki jembatan tersebut secara permanen. Sebab jembatan yang terbuat dari batang kelapa itu, tidak bertahan lama.

Selain itu, jembatan juga salah satu penghubung akses warga ke kota guna mempermudah membawa barang dagangan dan tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat kecamatan Kalumpang.

Penulis : Iksan

Editor : mediaekspres.id

 

Comment