Bertemu Pj. Gubernur, PMII Mamuju Sampaikan Pengakuan Tanah Ulayat Masyarakat Kalumpang

Mamuju,mediaekspres.id-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mamuju membawa beberapa isu penting dihadapan Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Prof. Zudan Arif Fakrulloh yang didampingi Plt. Kepala Badan Kesbangpol Sulbar Muhammad Yusuf Tahir menerima mereka di ruang kantor Pj. Gubernur Sulbar.

Mereka audiensi sekaligus silaturahim membahas pelbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Kalumpang.

Ketua Umum PC. PMII Cabang Mamuju Muhammad Radi Tasming Saputra bersama pengurusnya, menyampaikan beberapa isu penting kedaerahan, seperti regulasi tentang pengakuan tanah hak ulayat bagi masyarakat Bonehau Kalumpang.

Baca Juga : Izin Mati, Dua Toko Penjual Mikol di Mamuju Abai Teguran Dinas Perdagangan

Menurut Radit, pengakuan Tanah Ulayat sangat penting untuk segera di tetapkan pemerintah. Karena jika tidak, tanah masyarakat di Kalumpang potensi diserobot oleh perusahaan yang sedang dan akan beroperasi dengan berbagai alasan argumentasi kawasan hutan lindung.

Sela itu, Radit juga menyampaikan isu sampah dan lingkungan serta pemberdayaan pemuda yang berdaya saing dan kompeten.

“Pengakuan tanah ulayat di Kecamatan Bonehau dan Kalumpang tersebut perlu diikuti dengan tindakan nyata pemerintah daerah dalam bentuk peng-administrasian tanah ulayat,” ucap Radit sapaan akrabnya pada Rabu (24/02/2024).

Selain isu tanah hak ulayat bagi masyarakat Bonehau dan Kalumpang, PMII Cabang Mamuju juga mendorong beberapa gagasan, seperti upah petugas kebersihan yang dianggap kecil dengan beban kerjanya yang besar.

Baca Juga : Miris, Upah Pekerja Perusahaan Tambang Batu Bara di Bonehau di Bawah UMP

Serta mendorong Pemerintah Sulbar untuk mengeluarkan regulasi tentang pembatasan atau pelarangan kantong plastik di pasar modern sebagai upaya konkret untuk menekan angka sampah di Mamuju pada khususnya dan Sulbar pada umumnya, serta isu strategis lainnya.

“Isu strategis yang dibawah ini adalah aspirasi dan keluhan masyarakat langsung terhadap PMII Mamuju. Karena ini dorongan atau masukan yang baik, ya tentunya kami sampaikan juga dengan baik,” tutupnya. (rls)

Comment