Rumah Adat Mamuju Terus Berbenah di Poles Sejak Tahun 2022 Lalu

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Mamuju telah merenovasi rumah adat Mamuju tahun 2022 lalu.

Hal ini diungkapkan Kadisparbud Mamuju, Ariady Ikhsan beberapa waktu lalu, Kamis (16/3/23).

“Untuk pembenahan rumah adat ini kami lakukan dari bulan September 2022 lalu, dan lebih sedikit menggunakan dana APBD,” ujarnya.

Selain anggaran APBD, Pihaknya juga mendapat bantuan perorangan dari kolega untuk mempercantik rumah adat sebagai daya tarik.

“Lebih banyak sebenarnya dari partisipasi masyarakat, yang mau melihat perubahan dan perbaikan dari kondisi rumah adat,” sebutnya.

Untuk diketahui, ada beberapa bagian rumah adat dibenahi, di antaranya hiasan penerangan dikombinasikan lampu strip. Itu dilakukan untuk menambah daya tarik pengunjung di malam hari. Lampu strip disediakan dengan panjang 450 meter, terpasang di atap depan rumah dan di beberapa kaki pohon.

Baca Juga : Disparbud Mamuju Komitmen Majukan Tata Kelola Kesenian

Tahun 2023 kata dia, pihaknya sudah menyiapkan tambahan meliputi sepasang kuda dan juga membangun penangkaran burung.

“Setelah selesai tahun lalu, tahun ini, lampu, panggung, dan dermaga Pulau Karampuang,” singkatnya.

Tempat berbeda, Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud Mamuju, Marwan Haruna  mengatakan kelanjutan dari renovasi tersebut, dengan bekerja sama sanggar seni Mamuju mengisi hiburan di malam-malam tertentu.

“Kita siapkan spot lapak untuk UMKM, dan sanggar seni nanti mau latihan mau pentas, begitu pun dengan kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Marwan.

Penulis : Adri

Editor : mediaekspres.id

Comment