Ketua Sufi Dunia Bertandang ke Polman, ini Agendanya

POLMAN, MEDIAEKSPRES.ID – Ulama besar Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya yang juga selaku Ro’is ‘am JATMAN (Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah) dan merupakan Ketua Forum Sufi Internasional akan bertandang ke Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Tepatnya, di Kecamatan Binuang.

Rencana kedatangan ulama kharismatik ini bersama sekitar 50 orang rombongan, pada hari Selasa, 3 Maret 2020, tujuannya ialah, Tahlilan memperingati 100 hari wafatnya Almarhuma Hj. Sittiani Binti Yeccu Imangana.

Almarhuma Hj. Sittiani Binti Yeccu Imangana adalah istri dari seorang pengusaha tersohor di Polman, yaitu H. Jamaluddin.

Sebelumnya, saat memperingati wafat ke 40 hari, beliau suami Almarhuma — H. Jamaluddin — mendatangkan, KH. Misbahul Hulil Munir, selaku ketua Aswaja NU Center Indonesia, sekaligus wakil ketua lembaga Dakwah Nahdaltul Ulama (LDNU).

Adapun kehadiran Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya, Pertama kali di Sulbar. Ada emapat tahapan, yang telah disusun oleh Panitia Pelaksana yaitu, tahapan pertama pada tagal 1 Maret, pagi tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak Sembilan orang rombongan.

Tahapan Kedua, tanggal 01 Maret,  siang hari tiba di bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sebanyak  15 orang rombongan, degan rincian 10 orang musik dengan 5 orang rombongan Kyai Nur.

Tahapan Ketiga, pada tanggal 2 siang, group rebana sebanyak 23 orang, dan terakhir tahapan Keempat tanggal 2 malam yaitu, Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya bersama dua orang.

“Acara inti beliau itu di Polewali nanti, adalah Tahlilan dalam rangka memperingati 100 hari, Almarhuma Hj. Sittiani,” ujar Sekretaris Panitia Pelaksana, Muhammad Arsyad kepada mediaekspres.id di Polman, Sabtu (29/02/20).

Lanjut ketua PCNU Polman ini, selain Tahlilan, juga dirangkaikan dengan pengajian kebangsaan yang akan di pandu langsung oleh Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya.

“Beliau itu berangkat dari Surabaya menuju Makassar pada tanggal 2 malam, tiba di bandara Makassar langsung ke Polman karena acara beliau itu besoknya tanggal 3 pukul 13.00. wita Pengajian Kebangsaan. dan besok itu panitia sudah di Makassar persiapan menjemput 9 orang rombongan pertama,” ujar dia.

Ziarah Makam Wali

Panitia Pelaksan kedatangan Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya, juga mempersiapkan jikalau tiba-tiba Habib Lutfi ingin berziarah ke makam Wali di Sulbar. Adapun beberapa titik makam Wali di Sulbar yang akan dikunjungi Habib Lufi jika berkenan dengan waktunya yaitu, makam To Salama  Syekh Abdul Maruf bil Abdurrahim Kamaluddin di pulau Salama, Kelurahan Amassangang, Kecamatan Binuang. Diketahui bahwa Wali Allah ini adalah penyebar Islam pertama di Mandar.

Makam Wali Allah, Tosalama Agh. KH. Muhammad Thahir atau Imam Lapeo, di Masjid Nurut Taubah atau lebih dikenal dengan Masjid Lapeo, di Kecamatan Campalagiang, Desa Lapeo. Beliau salah satu ulama Sufi Mandar yang mendirikan Masjid Nurut Taubah, sekaligus Imam pertama.

Muhammad Thahir, juga di kenal dengan sebutan Kanneq Tambul atau Kakek Istanbul, hal itu dikarenakan KH. Muhammad Thahir menuntut ilmu hingga ke Instanbul Turki.

Kemudian, titik selanjutnya di makam To Salama KH. Sahabuddin (Annangguru Hawu) di kompleks Masjid Al Munawwara di Kelurahan Wattang Kecamatan Polewali.

Setelah itu, juga di makam To Salama KH. Muhammad Arif Lewa, di kompleks Masjid Jami Kelurahan Tanro, Kecamatan Polewali.

Selain itu, panitia pelaksana juga siap sedia dikalau Habib Lutfi ingin ziarah ke makam Wali Allah yang ada di Kabupaten Majene.

Ketfo : Habib Abdurahim Assegaf (tengah) menerima koordinasi Panitia Pelaksana kedatang Al Habib Lutfi Bin Yahya di kediamannya di Makassar.

Pantia Pelaksana Sowan ke Al Habib Abdurahim Assegaf/Puang Makka

Sebelumnya beberapa waktu yang lalu Panitia Pelaksana sowan ke Al Habib Abdurahim Assegaf yang akrab disapa Puang Makka terkait kedatangan Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya, di bawa komando Dandim Polman Letkol Arh Hari Purnomo, selaku Ketua Panitia. Didepan Puang Makka, Panitia Pelaksana menyampaikan tiga inti kegiatan yang sekaitan dengan kedatangan Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya, yaitu, Dzikir, Tahlilan, dan Tauziah Kebangsaan Puang.

Mereka berkoordinasi dengan teman-teman Silatnas Jatman agar dalam penyambutan Maulana Habib Lutfi Bin Yahya nantinya berjalan sukses.

“Kami sangat mengapresiasi semangat Pak Dandim dan seluruh Tim yang terlibat dan kami juga akan menyiapkan diri menyambut Kedatangan Abah (Habib Lutfi Bin Yahya),” sambut Puang Makka di kediamannya di Makassar beberapa waktu lalu.

Lanjut Puang Makka berharap niat tulus dalam mengawal Pewaris Nabi sekaligus Ahli Waris Nabi bernilai Ibadah disisi Allah SWT.

Reporter : Chandraqa

Editor : Irwan

Comment