Sulbar Gaduh, Presidium Kahmi Sulbar Minta PJ Gubernur Bertanggungjawab

Mamuju,- Kondisi di Sulawesi Barat (Sulbar) belakangan ini mulai gaduh, aksi demonstrasi di kantor Gubernur Sulbar dilakukan hampir tiap hari. Awalnya aksi demonstrasi dipicu oleh adanya laporan polisi yang ditujukan kepada mahasiswa saat melakujan demonstrasi. Pelapornya yakni kadis Pendidikan dan kadis Kelautan dan Perikanan Prov.Sulbar atas tuduhan pencemaran nama baik.

Atas laporan polisi yang dilayangkan pejabat Pemprov.tersebut, sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) melakukan konsolidasi, menyatukan kekuatan melakujan aksi unjuk rasa dengan membentuk aliansi.

Pada Selasa 09/07/24 kemrin, ratusan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Sulbar melakujan unjuk rasa di halaman kantor Gubernur Sulbar. Situasi sempat memanas ketia mahasiswa dan aparat keamanan serta satpol PP terlibat saling dorong.

 

Baca Juga : Pj. Gubernur Tak Ada di Kantor, Demo Mahasiswa Nyaris Caos

 

Saat situasi tak terkendali salah satu oknum Satpol PP terekam camera terlihat mematahkan tiang bendera milik Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) lalu menginjak bendera tersebut. Insiden ini viral di keluarga besar kader dan alumni HMI sehingga mendapat kecaman dari berbagai pihak termasuk para alumni HMI di seluruh Indonesia.

Setah melakukan konsolidasi, hari ini Rabu 10 Juli 2024 massa dari kader dan alumni HMI se-Sulbar melakujan aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Sulbar untuk mendesak jajaran Pemprov.Sulbar khususnya oknum Satpol PP untuk meminta maaf secara terbuka.

Aksi demonstrasi kali ini dilakukan hingga sore hari, aksi saling dorong antara massa aksi dengan petugas keamanan pun membuat situasi tak terkendali hingga berakhir ricuh. 2 mahasiswa dilarikan ke Rumah sakit akibat kejadian tersebut.

Aksi demonstrasi juga dilakukan di Topoyo Mamuju Tengah, massa aksi dari kader dan alumni HMI mencoba menghadang rombongan PJ Gubernur Sulbar yang saat itu sementara melakujan kunjungan kerja di Mamuju Tengah, aksi para pendemo gagal akibat dihalau petugas.

Setelah aksi sore tadi, kini kader dan alumni HMI kembali akan melakukan konsolidasi dan aksi pada Kamis, 11 Juli besok serentak se-Sulbar. Situasi di Sulbar pun semakin gaduh.

Kegaduhan yang terjadi di Sulbar beberapa hari ini mendapat tanggapan dari berbagai pihak, Presidum KAHMI Sulbar Arman Salimin menilai orang yang paling bertanggungjawab atas kegaduhan ini adalah PJ.Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin. Mantan aktifis HMI ini mendesak PJ Gubernur Sulbar untuk segera muncul ke publik dan segera menyelesaikan kegaduhan ini.

“saya kira orang yang paling bertanggungjawab atas kegaduhan ini adalah pak PJ Gubernur Sulbar, beliau harus segera turun tangan agar kegaduhan ini segera selesai. Jika di anggap perlu pak PJ mestinya minta maaf kepada segenap keluarga besar HMI di Sulbar karena bawahannya telah menginjak dan merendahkan bendera HMI.”kata Sekretaris PAN Sulbar ini.

Arman menegaskan jika kegaduhan ini tidak segera di selesaikan maka dirinya khawatir situasi di daearh ini akan semakin buruk dan tak terkendali.

“kita tidak ingin kondisi daerah ini semkain tidak baik, karena itu pak PJ harus segera turun tangan.”terangnya.

Arman menambahkan, jika persoalan ini tidak mempu diselesaikan oleh PJ Gubernur Sulbar maka Ia meminta agar Presiden RI melakukan evaluasi kepada PJ Gubernur Sulbar.(Rls/Lal)

Tonton Video : 

Comment