Simulasi Pengamanan Serta Pemungutan dan Perhitungan Suara Dalam Pilkada Mamuju Tengah Tahun 2024

Mamuju,- Sebagai langkah persiapan menghadapi Pilkada di kabupaten Mamuju Tengah 2024, Polres Mamuju Tengah (Mateng) dan KPU Mamuju tengah melakukan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara di halaman Mapolres Mamuju Tengah.

Simulasi ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk personel pengamanan TPS Polres Mateng, petugas kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta panitia pemungutan suara (PPS).

Kegiatan ini merupakan agenda KPU dan Polres Mateng. Tujuan dari simulasi ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai proses pemungutan suara di TPS dan mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama proses pemilihan.

Rangkaian simulasi yang dilakukan sangat detail dan terperinci, mulai dari persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, penanganan konflik yang mungkin bisa terjadi saat pemungutan suara hingga saat penghitungan suara.

 

Baca Juga : Bawaslu Mateng Himbau Netralitas ASN, TNI dan Polri

 

Semua tahapan diperagakan dan di awasi untuk memastikan bahwa seluruh personil siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi pada hari pemilihan.

Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Hengky K. Abadi, menyampaikan bahwa simulasi ini merupakan bagian penting dari persiapannya untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di kabupaten Mamuju Tengah.

“Dengan adanya simulasi ini, kami berharap semua personel, baik dari Polres maupun petugas KPPS dan PPS, dapat memahami prosedur dengan baik dan siap menghadapi segala kemungkinan yang ada. Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan terbaik demi terciptanya pemilihan yang aman, adil, jujur dan transparan,” ujarnya di Topoyo pada Senin, 19 Agustus 2024.

Lanjut dia, simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan kemantapan seluruh pihak yang terlibat dan memastikan bahwa proses pemilihan dapat berjalan dengan lancar, tanpa adanya gangguan yang berarti.

Polres Mateng akan terus melakukan persiapan dan koordinasi guna mendukung suksesnya Pilkada Serentak 2024. (*)

Penulis : Haidir Nur

Editor: mediaekspres.id

Comment