Tak Dapat Perhatian Dari Pemda, Jalan Antar Kabupaten Polman dan Mamasa, Rusak

POLMAN,MEDIAEKSPRES.id – Kerusakan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Polman, masih menjadi masalah yang dikeluhkan oleh masyarakat.

Salah satunya terletak di wilayah Kecamatan Anreapi Desa Kelapa Dua, jalan antar Kabupaten Mamasa dengan Kabupaten Polman. Banyak masyarakat yang melintas mengeluh akibat kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

“Jalan ini sudah beberapa tahun rusak, namun tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Sehingga saya sering mendengar kabar kecelakaan yang terjadi akibat jalan yang rusak para,” kata Muh. Sofian, selaku ketua karang taruna Sipatuju Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi, Senin (8/5/2023).

Dia mengatakan, kerusakan jalan ini sangat mengganggu para pengguna jalan yang melintas di Desa Kelapa Dua, baik itu masyarakat yang akan melintas ke Kabupaten Mamasa ke Kabupaten Polman, begitupun sebaliknya dan masyarakat yang tinggal di daerah Desa Kelapa Dua khususnya, juga sangat mengeluhkan kerusakan jalan yang teramat parah itu.

“Jalan ini adalah jalan antar Kabupaten Polman dengan Kabupaten Mamasa yang sangat vital bagi masyarakat. Dimana kita ketahui jalan ini adalah satu-satunya jalur yang dilalui oleh pengendara motor dan mobil bagi masyarakat yang paling dekat, ketika akan menuju ke Kabupaten Polman,” kritiknya

Lanjut Sofian kondisi jalan juga sangat mempengaruhi perkembangan dan perekonomian kehidupan masyarakat, karena infrastruktur jalan yang bagus, akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat atau pengendara motor maupun mobil yang melaluinya.

Tapi jika jalannya rusak begini, akan menghambat para pengendara bahkan dapat mengancam keselamatan para pengguna yang melintas hingga menyebabkan kehilangan nyawa jika kendaraan mereka mengalami kecelakaan.

“Apalagi di Desa Kelapa Dua ini kebanyakan tanah miring atau dengan kata lain jurang disamping kiri dan kanannya. Sehingga para kendaraan yang melintas harus memperlambat laju kendaraan mereka dan harus memiliki keahlian, serta mental yang cukup kuat untuk melewati jalan yang teramat rusak di Desa Kelapa Dua ini,” katanya.

Lanjut Sofia , ia berharap pemkab Polman serius dalam menyikapi masalah kerusakan jalan antar Kabupaten Mamasa dengan Kabupaten Polman, sebagai bukti bahwa pemerintah betul-betul memperhatikan masyarakat.

Rusaknya jalan ini dipicu karena curah hujan yang cukup tinggi di daerah Desa Kelapa Dua, namun dinas Pekerjaan Umum (PU) hanya memperbaiki drainase dan melakukan penambalan secara sedikit demi sedikit.

Jalan yang berlobang, tapi memperbaiki secara keseluruhan. Akibatnya jalan yang sudah ditambal kembali rusak sehingga menyebabkan kerusakan para seperti sekarang ini.

Kerusakan jalan tersebut akan berimbas kepada masyarakat khususnya yang memiliki kendaraan, sehingga dapat menyebabkan kendaraan yang mudah rusak dan sangat menghambat perjalan mereka dikarenakan jalan yang dilalui mengalami kerusakan di daerah Desa Kelapa Dua.

“Jika hujan turun jalan ini, akan semakin berlobang dan semakin rusak disertai dengan lumpur, namun jika sehari saja tidak turun hujan jalan ini akan berdebu yang dapat menyebabkan polusi udara,” jelas Sofia

Penulis : By

Editor : mesiaejspres.id

Comment