Disparbud Mamuju Siapkan Dua Agenda Tahunan, Perlindungan Kebudayaan Hingga Audisi Gita Bahana Nusantara

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Mamuju menyiapkan agenda kegiatan rutin tahun 2023.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud Mamuju Marwan Haruna saat ditemui disela-sela kegiatannya, Kamis (16/3/23).

Pertama kata dia, upaya perlindungan kebudayaan, jal ini sebagai upaya pencegahan akan terjadinya kerusakan, hilang, atau bahkan musnahnya objek kebudayaan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ini menggunakan dana APBD, kegiatannya termasuk pengembangan perlindungan kebudayaan,”sebutnya.

Selain perlindungan kebudayaan, ia juga menyebutkan agenda lain. Audisi Gita Bahana yang melibatkan pelajar sekolah.

Audisi Gita Bahana Nusantara 2023 ini mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi yang bakal digelar di tahun 2023.

“Gita Bahana Nusantara audisi digelar di Kabupaten, terus lanjut ke Provinsi Sulbar, lalu ke tingkat nasional,” tutupnya.

Baca Juga : Pengelola Pariwisata Harap Dukungan Penuh Dari Pemerintah Daerah

Baca Juga : Bulan Juli 2023, Disparbud Mamuju Gelar Event Internasionasional Hadirkan Peserta Mancanegara

Untuk diketahui, Gita Bahana Nusantara merupakan representasi Indonesia mini yang diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dan penjaga semangat keindonesiaan.

Seluruh peserta diharapkan menjadi agen baru dari masing-masing Kabupaten/Kota dalam mendorong generasi muda untuk selalu meningkatkan potensi diri.

Gita Bahana Nusantara akan kembali tampil dalam perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, 17 Agustus 2023 mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, mempersiapkan talenta-talenta muda terbaik dari 34 provinsi yang akan menjadi anggota paduan suara dan orkestra GBN.

Penulis : Adri

Editor : mediaekspres.id

Comment