Dalam Dua Bulan 1.077 Pasien di Mamasa Dirujuk ke RS Polman

POLMAN-MEDIAEKSPRES,id- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hajjah Andi Depu Polewali Mandar (Polman) telah menunjukkan citra diri sebagai rumah sakit tipe B. Terbukti banyak pasien dari pelbagai daerah dirujuk ke RS Hajjah Andi Depu ini. Salah satu pasien rujukan terbanyak asal kabupaten Mamasa.

Rumah sakit ini berdiri di atas lahan seluas 4 ha. Data 2023, dokter umum sebanyak 13 orang, dokter spesialis 53 orang, dan dokter tidak tetap hanya 2 orang. Menurut keterangan Yusuf, jumlah rujukan dari Kabupaten Mamasa per Januari s.d. Februari 2023, rinciannya sebagai berikut: rawat jalan di bulan Januari sebanyak 514 pasien dan rawat inap sebanyak 109 pasien; pada Februari, rawat jalan sebanyak 360 pasien, dan rawat inap sebanyak 94 pasien.

“Untuk data bulan Maret itu belum ada jumlahnya karena nanti akhir bulan baru diklopkan,” sebut Yusuf Daud dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 13 Maret 2023.

 

Baca Juga : RSUD Mamasa Sunyi, Limbah Medis yang Samar

 

Sebelumnya Jum’at, 10 Maret 2023 dari pantauan kami, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata Mamasa, Pemandangan tampak tak ada aktifitas. Bangunan gedung di RS Kondosapata menjungtai hingga ke bukit di bagian belakang. Tampak sejumlah ruangan seolah tak pernah terpakai, beberapa ruangan terendam air dan rumput. Melewati sekitar bangunan itu terkesan menyeramkan, terutama di bagian perbukitan.

Sebuah ruangan pada bangunan di ujung kanan di bukit tampak ber-AC, dan salah satu ruangan yang ber-AC itu sedang hidup. Dari dalam tak ada orang yang menyahut, pintu di depan gedung tertutup rapat.

Saat itu ada tiga kendaraan sepeda motor terparkir di depan kantor pelayanan RS. Sebuah mobil merek Innova berwarna putih juga sedang terparkir di sana, berada sejajar dengan mobil pelayanan lainnya di dekat pos Satpam. Tak tampak seorang pun petugas pelayanan atau tenaga kesehatan (nakes). Di lantai atas terdengar hentakan kaki disusul suara tangisan anak kecil. Tampak sejumlah pintu jendela terbuka.

Di Sebelah kanan bangunan napak sebuah penampungan, mungkin itu yang dimaksud penampungan limbah medis atau mungkin saja itu penampungan air.

Penulis : Sarman Sahuding (Tim Reportase, Pewarta Progresif)

Editor : mediaekspres.id

Comment