Angka Stunting Tinggi, Anggota DPR-RI Andi Ruskati Ajak Mahasiswa Kesehatan Bekerja Sama

MAMUJU-MEDIAEKAPRES,id- Angka prevalensi stunting Provinsi Sulawesi Barat Sulbar tinggi, hal itu menjadi tantangan sendiri bagi Pemerintah Provinsi Sulbar untuk membangun kesadaran pendidikan dan pemahaman tentang gizi di wilayah Provinsi Sulbar, agar predikat stunting yang di capai provinsi Sulbar dapat menurun.

Adapun angka prevalensi stunting di Sulbar mencapai di atas rata-rata nasional yakni sekitar 40.38 persen.

Tentu keterlibatan, semua elemen masyarakat terutama peran pemerintah memerangi stunting, agar kekurangan gizi pada ibu dan anak, berupa gangguan pertumbuhan anak termasuk daya fikir anak-anak, dapat menurun.

Anggota DPR RI Komisi IX dari fraksi Partai Gerindra, Hj. Andi Ruskati Ali Baal, akan bekerja maksimal untuk mengurangi tingginya angka stunting di Provinsi Sulbar. Bahkan ia memiliki strategi, dengan cara menggandeng elemen masyarakat, ormas untuk memaksimalkan sosialisasi memerangi stunting di Provinsi Sulbar.

Selain itu, membantu program pemerintah provinsi MARASA (Mandiri Cerdas dan Sehat) adalah salah satu cara mengurangi angka stunting di Provinsi Sulbar.

“jadi untuk stanting di provinsi Sulawesi barat urutan ke dua di Indonesia dari 42 persen menjadi 33,8 persen. Ini PR kita semuanya, untuk bisa bersama-sama kita turun kelapangan membantu masyarakat daerah provinsi Sulawesi barat ini lebih maju lagi untuk kepentingan masyarakat. Terkhusus di kabupaten Mamuju dengan target kita, agar dapat menurunkan angka stanting di Sulbar,” ujar anggota DPR-RI Komisi IX Hj. Andi Ruskati Ali Baal, saat beri sambutan di hadapan ratusan mahasiswa kesehatan dalam acara pelantikan Himpunan Mahasiswa Kesehatan (HIPERMAKES) Cabang Mamuju, Kamis, (17/02/2022).

Ia menambahkan, selaku anggota DPR-RI mitra kementrian kesehatan, akan memaksimalkan anggara di kementrian Kesehatan agar angka stunting di Provinsi Sulbar dapat menurun.

Ia berharap, Hipermakes menjadi garda terdepan, membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai hidup sehat.

“Jadi untuk kepada pemuda Himpunan Mahasiswa Kesehatan, kalian masih muda kalian ini adalah generasi penerus bangsa. Maka dari itu, mari kita bersatu untuk menjadi garda terdepan dalam rangka membangun masyarakat kita menjadi lebih baik dan lebih maju kedepannya,” jelas Istri Gubernur Sulbar ini.

Dewan Penasehat Pengurus Cabang Hipermakes Kab. Mamuju, Muhammad Khalil Gibran (tengah) saat berpose bersama pengurus Hipermakes.

Dewan Penasehat Hipermakes Cabang Mamuju, Muhammad Khalil Gibran, mengapresiasi, Anggota DPR-RI, Andi Ruskati Ali Baal atas kehadirannya pada pelantikan Hipermakes Cabang Mamuju.

Gali sapaan akrabnya, diangkat menjadi penasehat organisasi Hipermakes ini, atas kepeduliannya terhadap organisasi Hipermakes. Diatas podium Gali beri sambutan, menceritakan dirinya menerima diangkat menjadi penasehat organisasi, karena melihat kerja Hipermakes Tampa pamrih menjadi relawan disetiap kegiatan, berupa sunatan massa, donor darah, relawan covid-19 dan lain-lain.

Untuk tugas selanjutnya, lanjut Gali berpesan kepada pengurus yang baru dilantik, untuk menjadi garda terdepan dalam menjadi relewan di kabupaten Mamuju. Terutama mengenai sosialisasi stunting.

“Hipermakes ini aktif berkegiatan terutama kegiatan sosial. Disitulah saya simpatik dan saya bilang, ayo kita sama-sama jalan, kita peduli terhadap kesehatan di Sulbar khususnya Mamuju, kita bantu pemerintah mensukseskan kesehatan di Sulbar,” ujar Muhammad Khalil Gibran disambut riuh tepuk tangan para tamu undangan.

Reporter : Wahyu
Editor : Mediaekspres.id

“Kesehatanlah yang merupakan kekayaan sejati dan bukan kepingan emas dan perak,”

Mahatma Gandhi

Comment