Penghujung Tahun, PMII Mamuju Rayakan Haul Gus-Dur dan Mapaba Akbar

MAMUJU,MEDIAEKSPRES.ID- Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC. PMII) Mamuju, akan menggelar Haul Gus-Dur atau KH. Abdul Rahman Wahid yang ke-14, yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Desember 2023.

Hal Gus-Dur yang akan dilaksanakan di Aula Kampus Tomakaka itu, sekaligus melasanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Komisariat Unika PMII Cabang Mamuju.

Menurut Ketua Umum PC. PMII Cabang Mamuju, M. Radit Tasmin, Haul Gus-Dur yang dilaksanakan itu, menghadirkan pembicara dari beberapa tokoh Agama, Aparat Penegak Hukum, Penyelenggara Pemilu serta Perwakila organisasi kemahasiswaan dan Kepemudaan.

Lanjut Radit sapaan akrabnya mengatakan, melaksanakan Haul Gus-Dur bertajuk diskusi itu, untuk menumbuhkembangkan pemikiran-pemikiran Gus-Dur mengenai Etika, Kebudayaan dan Demokrasi.

“Pemikiran yang brilian pada Tokoh Pluralisme bangsa, yang beliau torehkan masih terus hidup dan dapat kita nikmati. Ia memberi pelita bagi para generasi bangsa. Terutama tentang kehidupan demokrasi di Indonesia,” ujar Radit di Mamuju, Rabu, (20/12/2023).

Ia mengatakan, Haul Gus-Dur dengan mengangkat Tema: Etika, Kebudayaan dan Demokrasi sangat relevan dengan kondisi Negara saat ini yang tidak lama lagi menghadapi perhelatan demokrasi.

Kita tau betul dalam jejak sejarah, kehidupan berbangsa dan bernegara, Gus-Dur kerap merespon pergulatan politik di Indonesia dengan pemikirannya tentang demokrasi, kebebasan berekpresi menjadi nilai dasar demokrasi.

“Membangun fondasi kehidupan demokrasi yang hakiki, tatanan sosial etika dan berbudaya. Untuk menuju tatanam negara Adil dan Makmur,” ujar Mantan Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Hukum Indonesia (Hipermahi), universitas Tomakaka ini.

Ia menkankan, kegiatan Haul Gus-Dur akan terus dilaksanakan tiap tahunnya dengan berbagai tema tentang pemikiran Gus-Dur dan kreatifitas kader-kader PMII. (*)

Quotes: 

“Tugas pokok intelektual adalah mempertahankan kebebasan berpikir, bukan membunuh kebebasan berpikir”

GusDur-

Comment