Pelopor Petani Muda Keren, Akan Produksi 3 Juta Bibit per Tahun di Sampaga

Mamuju,Mediaekspres.id- Nursery atau tempat pembibitan tanaman telah beroperasi di Desa Salubarana, Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju.

Berkat kegigihan Muh. Fadel (33) selaku ketua Kelompok Tani Pelopor Petani Peternak Muda Keren (PPMK) yang selama ini konsen di bidang pertanian, mengajak masyarakat dan pemuda di daerahnya untuk fokus pada dunia pertanian.

Pembagunan Nursery tersebut atas biaya dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementrian Prtanian (Kementan) RI Tahun Anggaran 2023 dengan luas bangunan 300 Meter², dilengkapi dengan fasilitas penyiraman dan pengontrol suhu dan kelembaban, yang bisa dioperasikan secara digital menggunakan teknologi Smart Farming.

Muh. Fadil mengatakan, penerima bantuan tersebut dengan kapasitas produksi bibit sayuran bisa mencapai 3 juta pohon/tahun, berupa bibit cabai, tomat, dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan lainnya.

“Masyarakat yang membutuhkan bibit nantinya dapat mengambil di tepat ini,” ujar Muh. Fadil dilokasi usai di kunjungi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhtar bersama Tim Monev Kementan RI saat meninjau pembangunan Nursery Tanaman Sayuran di Desa Salubarana, Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Rabu 27 Desember 2023.

Sementara itu, Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, dengan fasilitas itu petani diharapkan bisa memacu luas pertanaman sayuran khususnya cabai, tomat, dan semangka sebagai komoditi andalan di Desa Salubarana.

“Mereka tidak lagi melakukan pembibitan sendiri-sendiri tinggal memesan ke Nursery secara gratis ataupun sekedar mengganti biaya produksi ke kelompok,” kata Muhtar (*)

Tonton Video :

Comment