Rekonsiliasi Pendapatan dan Belanja BOS 2023

MAMUJU-MEDIAEKSPRES.id – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rekonsiliasi Pendapatan dan Belanja Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2023 di Ruang Rapat Bidang Akuntansi BPKPD Sulbar baru-baru ini.

Kegiatan itu untuk mengevaluasi penggunaan dan pelaporan keuangan, laporan realisasi keuangan dan neraca dengan menggunakan data KPPN dan laporan data salur belanja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar periode 24 Oktober 2023. Dari hasil rekonsiliasi naik 14,13 persen untuk belanja dana BOS, jika dibandigkan realisasi per 7 Oktober 2023.

Rekonsiliasi Dana BOS dilaksanakan dengan melihat capaian realisasi Disdikbud Sulbar masih berada diposisi 10 (sepuluh) terendah, yang disebabkan salah satunya adalah adanya belanja BOS yang masih rendah capaian realisasinya yaitu kurang lebih 60,59 persen per 7 Oktober 2023.

Kepala BPKPD Sulbar Amujib menekankan, penggunaan dana BOS harus sesuai dengan rekening atau data yang ada pada DPA, dan tentunya jika pelaporan realisasi penggunaan Dana BOS semakin intens dilakukan akan mendongkrak realisasi Disdikbud.

“Juga melalui rekonsiliasi ini dapat lebih meningkatkan kualitas laporan dana BOS baik dari segi pendapatan, belanja, aset serta administrasi, dengan demikian kekurangan administrasi dalam pelaporan dana BOS dapat teridentifikasi dan segera disempurnakan sesuai dengan petunjuk teknis yang berlaku,”kata Amujib

Dalam kegiatan rekonsiliasi, hadir pengelola dana BOS Disdikbud Sulbar, Pejabat Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah, Gaffar, Staf Penatausahaan dan Kas Daerah, Hasmuddin dan Staf Bidang Akuntansi BPKPD Sulbar lainnya. (rls)

Comment