Gandeng Mahasiswa Ma’had Aly Lathifiyah, OSIS SMPN 4 Campalagiagn Laksanakan LDK

POLMAN,MEDIAEKSPRES.id – Pengurus OSIS SMP NEGERI 4 Campalagian  mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sebagai pembekalan untuk peserta didik yang akan dilantik sebagai pengurus OSIS.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Ahad tanggal 07 sampai 08 Oktober 2023 di ruang Aula SMP NEGERI 4 Campalagian dan dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru dan para staf di lingkungan SMP NEGERI 4 Campalagian yang berjumlah kurang lebih 80 orang.

Dalam melaksanakan kegiatannya, pengurus OSIS menggandeng Mahasantri yang sementara melakukan Kuliah Khidmah Mahasantri (KKM) di Desa Sumarrang.

“ Pengurus OSIS meminta kami untuk menjadi pemateri pada pelaksanaan LDK di lingkungan Sekolah,” Ucap Saharuddin selaku koordinator Desa.

LDK tahun ini mengangkat tema “Berani Bermimpi, tingkatkan prestasi”. Tema ini dipilih dengan harapan para peserta didik memiliki cita-cita yang tinggi serta bersungguh-sungguh mengembangkan skill dan bakat yang mereka miliki.

“Tema yang diangkat pada LDK kali ini bertujuan menyadarkan para peserta didik tentang pentingnya memiliki cita-cita serta agar mereka sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita tersebut. Tutur Farid tamin salah satu Pemateri dari Mahasantri

Terdapat tiga materi yang disampaikan pada LDK kali ini yaitu, menjadi pribadi yang beretika dan bermoral, keorganisasian, dan kepemimpinan. Bapak Minhal Alwi selaku kepala sekolah SMP NEGERI 4 Campalagian mendukung penuh materi yang disajikan.

“Materi-materi yang disajikan oleh kakak-kakak mahasantri sangat penting untuk diresapi dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, karena materi-materi ini tidak terbatas pada perilaku anak-anakku dalam berorganisasi. Namun juga bisa menjadi pedoman dalam hidup bermasyarakat” kata beliau pada pembukaan kegiatan LDK.

“ Pihak sekolah juga sangat bersyukur karena para pemateri merupakan para mahasantri sehingga materi yang akan dibagikan kepada anak-anakku sekalian pastinya tidak lepas dari sunnah (perilaku) Rasulullah SAW”. Lanjutnya

Di sela-sela materi, para Mahasantri menyajikan permainan dan nonton bareng film “sang kiyai” kepada para peserta agar mereka tidak jenuh dan sebagai refreshing selama kegiatan ini berlangsung.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pondok Pesantren Salafiyah Parappe saat ini memiliki perguruan tinggi yang dikenal dengan istilah Ma’had Aly dimana tahun ini adalah tahun pertama dalam melaksanakan Kuliah Khidmah Mahasantri (KKM). Perguruan tinggi ini mendapatkan izin dari kementrian Agama sejak tahun 2020. Sedikit berbeda dari kampus umum lainnya perguruan tinggi ini dalam melaksanakan kegiatan KKN menggunakan istilah KKM ataw Kukiah Khidmah Mahasantri, adapun istrilah bagi mahasiswa menggunakan istilah Mahasantri.

 

Reporter : Br

Editor : mediaekspres.id

Comment