Lestarikan Budaya Melalui Event Mamasa Ethnic Festival

POLMAN,MEDIAEKSPRES.id- UPTD Taman Budaya dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar event Mamasa Ethnic Festival dengan mengangkat tema: “Merawat Identitas”.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tgl 13 – 15 Oktober 2023 di Taman Budaya dan Museum Sulawesi Barat Buttu Ciping Tinambung Kab. Polewali Mandar.

Event ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Bapak Dr. H. Mithhar, S.Pd, M.Pd.

Turut hadir pemerintah daerah Kab. Mamasa, Tokoh adat dan Budayawan Mamasa Drs. David, MM, pimpinan Universitas, Kepala Dinas yang membidangi kebudayaan se – Sulawesi Barat, para Kepala SMA/SMK, tokoh masyarakat, tokoh adat, budayawan dan seniman serta para pelajar dan Mahasiswa.

Persembahan Tarian dalam event Mamasa Ethnic Festival di Buttu Cipping, Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulbar memberikan apresiasi kepada Taman Budaya yang senantiasa komitmen dan konsistensi melakukan pagelaran budaya. Ha tentunya dilakukan semata, untuk melestarikan seni budaya yang ada di Sulawesi Barat.

Kepala UPTD Taman Budaya dan Museum Sulawesi Barat Ika Lisrayani, SS, M.Si menyampaikan, dalam laporannya bahwa Taman Budaya selalu mencoba menampilkan ragam budaya yang masih asli dari berbagai daerah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan seni budaya yang ada di Sulbar khususnya di Kab. Mamasa. Selain itu, mengedukasi para pelajar, mahasiswa dan seluruh masyarakat Sulbar untuk mengenal dan mengetahui budaya di Provinsi Sulawesi Barat.

“Kita yang begitu kaya dan beragam sebagai identitas kita, agar tidak tergerus arus globalisasi serta menjalankan amanah Undang – Undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” ujarnya

Lanjut Ia mengatakan bahwa persembahan kegiatan kali ini merupakan kerjasama UPTD Taman Budaya dan museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat dengan sanggar Seni Tusan dari mamasa, yang dikoordinatori oleh bapak Roma dan Niko.

Terdapat beberapa item kegiatan yang menjadi rangkaian event Mamasa Ethnic Festival yaitu, Pertunjukan Seni, Pameran Tradisional, Seminar Tradisi Mamasa, Kuliner khas Mamasa, Workshop Musik Pompang dan Permainan Rakyat yang akan disajikan selama event berlangsung.

Reporter : Sr

Editor : mediaekspres.id

 

Comment