oleh

Membahas Potensi Saling Cekal Masdar Bersaudara di Pilgub 2022

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Barat rencananya akan digelar tahun 2022. Sejumlah figur sudah mulai mencuat untuk mencoba peruntungan pada pertarungan menuju kursi nomor satu di provinsi ini.

Namun, tanpa menafikan nama-nama lain, dua bersaudara dari tanah Polewali Mandar (Polman), Ali Baal Masdar dan Andi Ibrahim Masdar, masing-masing punya kans besar merajai Pilgub Sulawesi Barat mendatang.

Status Ali Baal sebagai petahana tentu berpengaruh terhadap popularitas Sang Gubernur. Membangun pondasi politik lewat kekuasaan birokrasi, bukan hal mustahil bagi mantan Bupati Polman dua periode tersebut.

Ditambah lagi, Istri Ali Baal, Andi Ruskati merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Barat.

Sementara Sang Adik, Andi Ibrahim adalah bupati aktif di Polman. Saat ini adalah periode kedua Andi Ibrahim memimpin kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Sulawesi Barat itu.

Dirinya sendiri secara tegas mengakui bakal maju di pilgub nanti. Terbukti dengan baliho Andi Ibrahim yang terpasang di beberapa wilayah.

 

Lumbung Suara

Kabupaten Polman memang menjadi wilayah dengan lumbung suara terbesar di Provinsi Sulawesi Barat. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis KPU, 2019 lalu, pemilih di Polman mencapai 303.006 jiwa atau sekira 36% dari jumlah 842.005 DPT provinsi.

Bisa dibilang, Polman adalah primadona. Mendulang suara besar di daerah itu sama halnya dengan meningkatkan potensi menang di kontestasi pemilu sekelas pilgub.

Dan siapa penguasanya?

Andi Ibrahim merupakan pewaris tampuk kekuasaan pasca-Ali Baal. Jika dihitung dari masa Ali menjabat bupati, kekuasaan klan Masdar di Polman sudah hampir mencapai 20 tahun.

Berbagai spekulasi pun berhembus, keduanya akan ngotot maju di Pilgub Sulbar 2022.

 

Andi Ibrahim: Tidak Ada Dua Masdar di Pilgub Nanti

Spekulasi tersebut lantas dibantah Andi Ibrahim Masdar. Ia mengklaim, pertarungan dua bersaudara tidak akan tersaji pada pilgub nanti.

“Tidak ada dua Masdar di pilgub nanti. Kami (Andi Ibrahim dan Ali) sering berdiskusi, kalian tidak mungkin tahu pembicaraan kami,” aku Andi Ibrahim kepada Mediaekspres.id di Mamuju, belum lama ini.

Menurut Andi Ibrahim, keduanya sudah berkomitmen, peraih survei tertinggilah yang bakal maju.

Dirinya sendiri menggunakan lembaga Indo Barometer sebagai referensi survei tingkat popularitas dan elektabilitas.

“Saya pakai Indo Barometer, tentu akan ada juga lembaga survei lain yang nantinya kita gunakan sebagai pembanding,” jelas Andi Ibrahim Masdar.

_______________________________________~~~~~~~~~______________________________________

Patut ditunggu geliat Masdar bersaudara ini jelang momentum pilgub mendatang.

Apakah salah satu akan legowo, atau sama-sama saling cekal?

Ataukah Ali Baal justru mendorong Andi Ruskati sebagai opsi lain???

Penulis: Shermes

“Buat apakah seluruh kemenangan jika harus dilakukan dengan cara menghancurkan, melukai, atau mematikan kehidupan orang lain?”

Konfusius

Komentar