Jelang HUT Bhayangkara, PMII Demo Polresta Mamuju

MAMUJU, MEDIAEKSPRE.id – Tiga hari lagi Hari Bahayangkara sebagai hari Polisi nasional pada 1 Juli 2020. Namun jelang hari Bhayangkara ini, institusi kepolisian pada beberapa hari terahir ini mendapat berbagai kecaman, akibat ulah oknum anggota Polri baik itu yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara — postingan lelucon Gusdur — dan aksi represif oknum anggota Polri saat demo penolakan tambang galian C di Kantor Bupati Pamekasan, Jawa Timur kepada mahasiswa PMII.

Atas kejadian ulah anggota Polri itu, jelas mencederai institusi kepolisian jelang HUT Bhayangkara.

Demopun berlangsung oleh mahasiswa PMII di berbagai daerah termasuk Mamuju. Mereka mengecam tindakan oknum polisi yang bertindak represif. Selain itu, mereka meminta Kapolri untuk memberikan pembinaan mental kepada anggota Polri dalam bertugas agar tidak mudah tersulut emosi.

BACA JUGA: Tindakan Represif Aparat di Jatim, PKC PMII Sulbar bakal Aksi Solidaritas

“Pihak keamanan yang dicitrakan sebagai penegak hukum tercoreng akibat ulah oknum kepolisian yang telah bertindak represif amoral yang menciderai amanah Undang-undang yang telah dibebankan di pundaknya,” tegas Koordinator Lapangan Aksi, Asrul Alqausar dalam orasinya, di depan Kantor Polresta Mamuju, Jum’at, (26/06/2020).

Lanjut Alqa sapaan akrabnya menjelaskan, dalam amanat Undang-undang penyampaian pendapat dimuka umum merupakan aktivitas yang legal dan dilindungi oleh konstitusi sebagai mana termaktub dalam pasal 28E UUD 1949 dan UU nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Tidak menghendaki dan tidak mengenal dasar aparat kepolisian melakukan tindakan Represif. Artinya seheboh apapun itu. Kepolisian harus bertindak manusiawi,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Mamuju, AKBP Minarto menyambut dan mendukung aksi Mahasiswa PMII Mamuju itu. Ia mengatakan segala pelanggaran hukum harus diberi sangsi, agar tidak menciderai institusi, agar tujuan hidup damai aman dan tentram dapat tercapai.

“Saya mendukung aksi rekan-rekan mahasiswa. Tampa rekan mahasiswa, tidak ada kontrol kepada pemerintah maupun kepada kepolisian,” ujarnya.

Reporter : Dzakwan

Editor : MEDIAEKSPRES.id

Quotes of the day “Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain”

Nelson Mandela

Comment