Dua Generasi Emas Sulbar, Adakah Bantuan Pemerintah?

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengapresiasi salah satu Putra-Putri terbaik daerah. Diantaranya adalah Muh. Junaid dan Muliana Mursalim.

Muh. Junaid, mendapat kesempatan berangkat ke Rusia. Ia mendapat beasiswa pasca sarjana dari Pemerintah Rusia.

Pemuda asal Kecamatan Limboro, Polewali Mandar ini tergolong dari keluarga tidak mampu. Kedua orangtuanya sudah meninggal. Ia menyelesaikan S1-nya, 25 Februauri 2020 di kampus Universitas Negeri Makasassar (UNM) pendidikan Seni.

Sedangkan Muliana Mursalim, peraih gelar cum laude lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) dan berencana melanjutkan kuliah S2.

Muliana yang juga pegiat literasi ini merupakan putri pasangan Mursalim dan Nurlina. Mursalim saat ini berstatus guru kontrak di SDN Puncak Mamuju. Ia juga adalah seorang imam masjid.

Untuk itu, pemilik nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94 tersebut berharap perhatian berupa beasiswa dari pemerintah, baik Pemerintah Daerah (Pemda) Mamuju dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat.

“Saya punya pandangan, Negara ini atau daerah ini harus mengapresiasi Putra-Putri daerah yang cemerlang dan berprestasi untuk diberikan beasiswa,” terang anggota Dewan Pendidikan Sulbar, Amran HB, melaui via telepon selulernya, Rabu (17/06/20).

Menurut Amran HB, tahun 2018-2019 pemerintah menggelontorkan dana hibah milliaran rupiah untuk bantuan penyelesaian beasiswa S2 dan S3. Olehnya itu, ia berharap tahun ini masih ada, dan bisa digunakan untuk mendukung Putra-Putri daerah yang berprestasi.

Baca juga, Mahasiswa Limboro Polman Ini Raih Beasiswa ‘Future in Russia’

Baca juga, Muliana, Peraih Cum Laude Unhas Harap Perhatian Pemda Mamuju

Lanjut Amran mengatakan, untuk memberikan bantuan biaya untuk Putri-Putri daerah yang ingin melanjutkan studinya diperlukan sebuah regulasi.

“Karena terkadang pemerintah mau, tetapi regulasi untuk mengarahkan anggaran kesitu tidak ada, itu juga kerepotan, bisa jadi temuan. Karena pasti jatuhnya ke hibah,” pungkasnya.

Reporter: Irwan

Editor : Mediaekspres.id

Comment