by

Jerit Hati Warga Pontanakayyang Terdampak Corona

MATENG, MEDIAEKSPRES.id – Desa Pontanakayyang, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) merupakan wilayah terbesar angka positif Covid-19 di Sulawesi Barat.

Dari 35 kasus, 29 diantaranya berasal dari Mateng. Desa Pontanakayyang menyumbang jumlah positif terbanyak, yakni 28 orang.

Alhasil, desa tersebut diklaim sebagai daerah transmisi Covid-19 yang harus diisolasi wilayah.

Warga Pontanakayyang pun meminta pihak pemerintah lebih maksimal dalam penanganan pandemi tersebut. Terutama pemenuhan kebutuhan masyarakat dan kepastian keamanan desa.

“Kalau desa ini sudah masuk dalam kategori zona merah, maka desa ini harus menjadi perhatian khusus oleh tim gugus dan pemerintah, baik pemda maupun pemdes,” ujar salah satu warga, Indah kepada wartawan, Minggu (27/4/2020).

Indah meminta dua hal, yakni penanganan pos penjagaan dan kebutuhan logistik. Menurutnya, hingga saat ini posko yang ada di Desa Pontanakayyang belum berjalan masif.

Hanya ada dua posko aktif, sementara warga masih memanfaatkan salah satu lorong sebagai akses keluar masuk.

“Di desa (Pontanakayyang) orang masih biasa melakukan aktivitas seperti biasanya, masih ada ke kebun dan bahkan ke luar desa yang lahannya berada di luar wilayah batas karantina. Mereka lewat lorong yang tidak ada poskonya,” ucap Indah.

Sementara persoalan logistik, ia menilai bahwa aktivitas masyarakat Desa Pontanakayyang menandakan kebutuhan hidup belum cukup.

Indah menegaskan jika kebutuhan dapur merupakan hal yang tidak bisa ditunda. Pemerintah harus menjamin stok kebutuhan seluruh warga Pontanakayyang.

“Persoalan kebutuhan dapur dan lainnya mesti diselesaikan secara baik, apalagi kita tidak bisa memastikan sampai kapan Covid-19 ini akan menghantui kita,” jelasnya.

Senada itu, warga lainnya, Marten berharap agar Pemkab Mateng memperhatikan kebutuhan pangan warga Desa Pontanakayyang.

Dirinya mengaku, baru sekali menerima bantuan dari Polda Sulbar.

“Baru ada beras mungkin 5 kg, itu pun dari Polda Sulbar, belum ada dari pemerintah,” aku Marten.

Reporter: Jeky/Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Usia, jarak, waktu dan kelas sosial hanyalah angka bagi dua orang yang saling memperjuangkan satu sama lain.”

Fiersa Besari

Comment