Pemprov Sulbar Rapat Evaluasi dan Percepatan Kinerja Pembangunan Daerah

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.ID – Pemprov Sulbar menggelar rapat kerja pimpinan dalam rangka evaluasi kinerja pembangunan daerah 2019 dan percepatan pelaksanaan program-kegiatan 2020 lingkup Pemprov Sulbar, di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubenur Sulbar, Rabu (29/01/20).

Rapat tersebut bertujuan, untuk mengetahui sejauh mana kinerja pembangunan daerah 2019, serta apa langkah-langkah strategis untuk percepatan pelaksanaan program dan kegiatan 2020.

Dalam arahannya, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meminta, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera melakukan langkah-langkah strategis, guna percepatan pelaksanaan dan serapan anggaran 2020.

Disampaikan, terdapat beberapa langkah stategis yang harus dilakukan, yakni pertama, menetapkan pejabat pengelola keuangan di masing-masing OPD. Kedua, segera melakukan penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) dalam sistem RUP di LPSE dan ketiga, segera melakukan pemetaan dan percepatan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). 

Selain itu, kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) juga diminta, segera menyelesaikan administrasi berupa penandatanganan dokumen RKA/DPA. Sedangkan, untuk ULP  segera mempersiapkan perangkat agar proses PBJ segera terlaksana.

“Saya mengingatkan kepada kita semua, agar memperhatikan dan menerapkan langkah-langkah strategis percepatan pelaksanaan dan penyerapan anggaran 2020 ini, dengan menjalankan prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas dan profesionalisme dalam penggunaan anggaran, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN,” kata Ali Baal.

Menyadari masih banyaknya tantangan yang dihadapi, Ali Baal menyatakan, dalam hal tersebut dituntut komitmen dan keseriusan dari para pimpinan OPD dan seluruh ASN untuk lebih meningkatkan kinerja.

“Ini perlu dilakukan, agar apa yang menjadi prioritas di 2020 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab, agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Ali Baal.

Ali Baal berharap, melalui pertemuan itu dapat merumuskan langkah-langkah bersama, sehingga awal pelaksaan APBD 2020 dapat dilaksanakan dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar turut didampingi Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar  dan Sekprov Sulbar Muhammad Idris, serta dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan M. Natsir, Asisten III Bidang Administrasi Djamila, Pimpinan OPD, sejumlah pejabat Administrator (Eselon III) dan pengawas (Eselon IV) lingkup Pemprov Sulbar. (Adv)

Comment