FPPS Singgung Kartu Prakerja di May Day

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Forum Persaudaraan Pemuda Sulbar (FPPS) menyinggung program Kartu Prakerja di hari buruh, 1 Mei 2020.

Ketua FPPS, Nirwansyah mengatakan, buruh yang kena Pemutusan Hak Kerja (PHK) harus menjadi prioritas dalam pendaftaran kartu prakerja.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memaksa sejumlah perusahaan melakukan PHK besar-besaran. Untuk itu, negara harus memperhatikan kelangsungan hidup buruh, salah satunya lewat program strategis pemerintah tersebut.

“Intinya buruh yang di-PHK agar diprioritaskan pendaftaran kartu prakerja di tengah-tengah pandemi Covid-19,” kata aktivis yang akrab disapa Anca itu.

Ia berharap, Pemerintah Indonesia bisa lebih memperhatikan kesejahteraan buruh dan petani.

Namun begitu, Anca mengingatkan agar tidak ada gerakan aksi di jalan, dalam memperingati May Day tahun ini. Hal itu demi mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Ketua FPPS juga mengimbau masyarakat tidak terprovokasi, jika ada ajakan untuk tidak mematuhi aturan social distancing yang sudah dianjurkan pemerintah dan MUI.

“Jadi masyarakat jangan gampang terprovokasi dengan pihak yang belum jelas keilmuannya, kalau ada yang ajak berkumpul melibatkan orang banyak. Aturan pemerintah dan MUI sudah jelas,” pungkas Nirwansyah.

Reporter: Shermes

Editor     : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Kami satu: buruh kami punya tenaga jika kami satu hati, kami tahu mesin berhenti sebab kami adalah nyawa yang menggerakkannya.”

Wiji Thukul

Comment