Melacak Riwayat Kontak Ibu Hamil Reaktif Rapid Test di Mamasa

MAMASA, MEDIAEKSPRES.id – Tenaga medis Puskesmas beserta keluarga ibu hamil asal Aralle, Kabupaten Mamasa harus mengikuti rapid test.

Seperti diberitakan sebelumnya, wanita berinisial A (23) tersebut dinyatakan reaktif virus berdasarkan hasil rapid test. Sejumlah pihak yang punya riwayat kontak fisik dengan A, wajib menjalani tes diagnostik cepat.

“Ada 9 petugas (medis) yang pernah kontak dengan si A. Dari hasil rapid test, semuanya dinyatakan negatif, namun akan diadakan pemeriksaan lanjutan lagi 7 sampai 10 hari ke depan,”ujar Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Covid-19 Mamasa, Amos via video press release yang diunggah facebook Kominfo Kabupaten Mamasa, Selasa (28/4/2020).

Amos juga membeberkan kronologi perjalanan ibu tersebut. Pasien tiba di Aralle tanggal 16 April, setelah sebelumnya berangkat dari daerah Tamangngapa, Makassar – salah satu wilayah zona merah di Sulawesi Selatan.

Kontak pertama dengan petugas Puskesmas Aralle tanggal 23 april untuk memeriksa kehamilan A yang sudah masuk 9 bulan.

Bukan hanya itu, seluruh keluarga dari A juga diisolasi dan menjalani tes. Beruntung, hasil semuanya negatif.

“Dari hasil rapid test semua anggota keluarga yang serumah dengan A dinyatakan negatif Covid-19 walau sudah kontak dengan pasien sekitar dua minggu,” Amos menambahkan.

Meski begitu, anggota keluarga tetap akan menjalani proses isolasi mandiri di rumah dan pemeriksaan lanjutan.

Amos mengatakan, pasien A sudah dibawa ke rumah sakit Kondosapata Balla guna perawatan lanjutan. Hal itu agar petugas medis bisa mengontrol dengan baik, berhubung A sedang dalam kondisi hamil.

“Kami telah menangani A di rumah sakit Kondosapata, namun perlu masyarakat tahu bahwa jika hasil rapid test positif, belum bisa disimpulkan bahwa dia positif corona,” jelasnya.

“Nantinya akan diadakan rapid test ulang dan pengambilan swab, lalu kemudian akan dikirim ke laboratorium yang sudah ditentukan. Hasilnya akan keluar paling lambat 5 sampai 6 hari kedepan,” sambung Amos.

Ia berharap agar hasil laboratorium dari A yang sudah berstatus PDP ini nantinya negatif.

“Kita sama-sama berdoa agar hasilnya nanti negatif dan Mamasa masih tetap berstatus zona hijau,” pinta Amos.

Reporter: Firdha Mutmainnah

Editor     : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.”

Shakuntala Devi/Penulis

Comment