Puncak Hari Batik Nasional GP Ansor Ramaikan Thamrin 10

JAKARTA,-Puncak acara perayaan Hari Batik Nasional (HBN) yang dilaksanakan di Thamrin 10 Jakarta Pusat dengan tema: “Bangga Pake Batik”.

Gelaran acara tersebut, disambut bangga oleh masyarakat Indonesia dengan beberapa rangkaian acara.

Kids Batik Fashion Show salah satunya rangkaian yang paling meriah yang diikuti oleh anak – anak dari umur 3 sampai dengan umur 12 tahun.

Sedikitnya acara ini merupakan upaya GP. Ansor Hub, untuk terus memantik agar masyarakat Indonesia tetap bangga terhadap Batik yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Mengenali dan mencintai Keberagaman Batik yang juga ditanamkan kepada generasi Bangsa, sejak usia anak agar nilai-nilai manfaat dan Budayanya terus terpelihara,” Kata Bahtiar pada Minggu 6 Oktober 2024.

Sebagai pelajar Wastra dari Bidang Pengembangan Komunitas dan Ekonomi Kreatif, Pengurus Pimpinan Pusat GP. Pemuda Ansor dalam sambutannya mengatkan.

“Ini juga bagian bentuk Partisipasi Ansor dalam mendukung Undang – Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2017. Dengan cara merayakan Hari Batik Nasional,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Jonathan Latumahina selaku penanggung jawab Ansor Hub Thamrin 10 BISA, menyampaikan bahwa Penanaman kecintaan terhadap batik bagi pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor ini adalah, bagian menjaga warisan bangsa. Termasuk mengkreasikan agar lebih inovatif untuk kebutuhan anak-anak di masa sekarang.

“Indonesia ini kan bangsa yang besar dengan kekayaan warisan budaya, jadi kita tanamkan. Biar gak minder, dan lebih mengkreasikan dengan inovatif untuk kebutuhan mereka,” kegiatan Kids Batik Fashion Show “Bangga Pakai Batik” ini, untuk menghadirkan Ansor di komunitas-komunitas anak muda.

“Ansor sekarang bergerak untuk mendekatkan diri dengan komunitas-komunitas anak muda seperti Komunitas Musik Biola dari Institut Musik Jalanan (IMJ), Komunitas Tari tradisional, Komunitas Panah, Boxing, dan sebagainya,” ujarnya lagi.

Menurut dia, Thamrin 10 ini menjadi titik kumpul anak muda untuk bebas berekspresi agar tidak ada keterjarakan dan kegiatan-kegiatan Ansor bisa bermanfaat bagi mereka. Selain itu, ia mengapresiasi animo masyarakat atas keikutsertaan dalam kegiatan Kids Batik Fashion Show.

“Selamat kepada para pemenang ajang Kids Batik Fashion Show dan “Terima kasih kepada seluruh Team, Pihak terkait, PD Pasar Jaya, Dirjen Kebudayaan, pemerintah setempat, dan Masyarakat yang sudah hadir mendaftarkan putra putrinya ikut dalam kegiatan ini. Semoga ini berkelanjutan dan hadir giat-giat baru yang bisa diikuti masyarakat dan anak muda,” tutup Jonathan.

Penanggung Jawab aplikasi SIApps yang mendukung acara ini turut hadir menyapa dan mengatakan bahwa l, saat ini aplikasi SIApps mempunyai beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh komunitas-komunitas, seperti komunitas batik, hingga informasi lapangan pekerjaan.

“Seperti sekarang kita menginformasikan Kids Batik Fashion Show juga melalui aplikasi SIApps. Selain itu ada fitur yang banyak digunakan untuk memberikan informasi yang lain, seperti event-event sampai lowongan pekerjaan,” Selamat Hari Batik Nasional. (*)

Comment