PMII Mamuju Kecam Pemkab Mamuju dan BPBD Terkait Bantuan Gempa Tahap Dua  

MAMUJU,- Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia cabang Mamuju mengecam pemerintah kabupaten Mamuju dan dinas BPBD Mamuju, terkait dengan adanya informasi akan segerah di cairkan nya dana gempa tahap dua.

Informasi yang peroleh disampaikan oleh kepala dinas BPBD Mamuju, Taslim beberapa hari yang lalu melakukan instruksi kepada warga, agar bantuan gempa tahap dua untuk segera membuka rekening baru.

Artinya bantuan gempa tersebut akan cair dan warga Mamujupun yang terkena dampak, gembira ria dengan adanya informasi tersebut.

Menangapi hal itu, Radit selaku ketua cabang PMII Mamuju dengan tegas menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Mamuju bersama dinas BPBD Mamuju, agar memberikan informasi dan kepastian terkait bantuan gempa tahap dua.

“Karna informasi yang disampaikan akan segara cair dan  hanya sebatas itu. Tidak ada detail kepastian waktu pencairan. Seharusnya kepastian yang di utamakan, baru membuka rekening,” ujar Radit, Jum’at, 18 Oktober 2024.

 

Baca Juga : Eits, Ada Rekening Tambahan untuk Tampung Dana Bantuan Gempa Sulbar

 

Ia menduga bahwa jangan sampai ini hanya menjadi omong kosong belaka saja dan sebuah janji kampanye agar mendapat dukungan masyarakat Mamuju.

Lanjut Radit menambahkan,  kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Pada Januari lalu, kepala BPBD Mamuju juga telah memberikan informasi pencairan bantuan gempa tahap dua, namun hingga saat ini tidak ada kejelasan kapan bantuan gempa tahap dua itu turun.

Radit mengkhawatirkan, jangan sampai isu bantuan gempa tahap 2 ini, menjadi isu panas yang dapat dengan mudah di giring oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, terlebih di waktu moment pilkada 2024 ini.

“Maka dari kami dari PMII cabang Mamuju menantang dan mendesak Pemkab Mamuju dan BPBD Mamuju,  untuk segera memberikan informasi dan kepastian yang lebih detail terkait bantuan gempa tahap 2, kapan cairnya hari tanggal dan bulan nya serta tahun,” jelasnya.

Jika dalam waktu dekat ini pemkab Mamuju dan BPBD Mamuju tidak memberikan kepastian, maka PMII cabang Mamuju akan melakukan gerakan perlawanan rakyat dengan turun kejalan melakukan demonstrasi.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Taslim Sukirno mengatakan bahwa dana stimulan tahap II akan segera disalurkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui BPBD telah diarahkan oleh BNPB untuk membuka rekening virtual account, dan itu sudah kami lakukan,” ujar Taslim, Selasa 8 Oktober 2024, dilansir dari malaqbipos.id.

Ia menjelaskan, untuk tahapan di daerah, dalam waktu dekat, BPBD segera melakukan beberapa langkah untuk proses penyaluran bantuan tersebur.

Selain itu, ia juga akan melakukan perekrutan pendamping, Pemetaan penerima bantuan perkecamatan, kelurahan dan desa. Hal itu ia lakukan, pengambilan data dari penerima bantuan untuk pembukaan rekening. (*)

Comment