Jelang Pilkada, Dandim 1418/Mamuju beri pengarahan terkait tugas dan Netralitas TNI kepada seluruh prajurit

MAMUJU,- Menjelang penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024, Dandim 1418/Mamuju Letkol Inf Andik Siswanto S.I.P., M.I.Pol, mengumpulkan seluruh prajurit di Aula Makodim 1418/Mamuju, dalam rangka pembagian tugas pengamanan Pilkada tahun 2024 serta Netralitas TNI.

Pengarahan tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali mengenai tugas dan fungsi prajurit selama pengamanan Pilkada serta Netralitas TNI dalam pesta demokrasi.

“Kami memastikan bahwa setiap prajurit harus memahami dan mematuhi peraturan tentang Netralitas TNI. Keberadaan di tengah masyarakat harus berfokus pada keamanan dan kenyamanan selama proses pilkada berlangsung.” Ujar Andik Siswanto pada, Selasa, 17 September 2024.

Kodim 1418/Mamuju mempunyai tugas yang berat, karena membawahi dua Kabupaten serta berlokasi di Ibukota Provinsi, sehingga butuh tenaga ekstra untuk mengamankan Pilkada, pasca penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten.

Selain itu, ia juga bertanggung jawab mengamankan proses rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU Provinsi Sulbar, sampai dengan penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

“Kami akan berkoordinasi dengan Polresta Mamuju dan aparat terkait lainnya untuk menjaga Kondusifitas, antisipasi potensi gangguan dan memastikan pemilihan Kepala Daerah berjalan dengan aman dan tertib,” Tutup Letkol Inf Andik Siswanto. (*)

Comment